Gubernur NTB Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir di Dompu

MandalikaPost.com
Senin, Maret 01, 2021 | 20.08 WIB
Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah didampingi Bupati Dompu H Abdul Kader Jaelani menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Kecamatan Hu'u, Dompu, Nusa Tenggara Barat.

DOMPU - Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah didampingi Bupati Dompu, H Abdul Kader Jaelani, Senin (1/3) meninjau lokasi banjir dan menyalurkan bantuan di Desa Daha, Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu. 


Selain menyampaikan empati atas musibah yang terjadi, Gubernur Zulkieflimansyah juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap cuaca ekstrim yang bisa menimbulkan bencana banjir, longsor dan angin keras yang kapan saja bisa terjadi.


"Masyarakat harus terus meningkatkan kewaspadaan akan bencana akibat curah hujan yan begitu tinggi di musim ini," imbaunya.


BACA JUGA : Tiga Desa di Dompu Dihantam Banjir Bandang, Ratusan Rumah Terdampak


Dalam kunjungannya Gubernur Zulkieflimansyah juga menyerahkan bantuan kepada warga korban banjir. Bantuan terdiri dari mie instan 100 dus, Air mineral 35 dus, Terpal 50 unit, Selimut 50, Paket sandang 25, Family kit 10, Perlengkapan bayi 5, Paket kebersihan 5, Baju smu 7 lusin, BH 45 pcs, Tikar 5 lembar dan Masker kain 2000.


Sementara itu, Kepala Dinas Kominfotik NTB, I Gede Putu Aryadi menjelaskan, berdasarkan data BPBD Dompu tercatat bencana banjir melanda tiga Desa di Kecamatan Hu'u Dompu pada Minggu, 28 Februari 2021, Pkl. 01.30 wita dinihari.


Penyebab banjir ialah tingginya intensitas hujan, banyak lahan tandus akibat penebangan liar sehingga mengurangi penyerapan air tanah. Selain itu banyaknya penumpukan sampah dan sedimen di area aliran sungai yang mengakibatkan terjadinya pendangkalan dan penyumbatan aliran air sungai.


Ratusan rumah terdampak banjir, dan 36 unit diantaranya hanyut disapu banjir. Ada juga Fasum yang rusak.


"Pak Gubernur sudah langsung turun dan memberikan bantuan. Selain itu, Pihak BPBD Dompu juga telah melakukan penanganan awal korban terdampak banjir, pendistribusian logistik serta penyaluran air bersih untuk warga terdampak banjir," kata Gede Aryadi, Senin (1/3) di Mataram.


Menurutnya, saat ini pihak BPBD Dompu terus melakukan monitoring melalui media sosial untuk memantau perkembangan saat ini. Termasuk menyiagakan personil untuk mengantisipasi kejadian-kejadian lain yang sewaktu-waktu akan terjadi.


"Semoga para korban banjir diberi ketabahan dan kesabaran oleh Allah SWT. Semoga bencana cepat berlalu dan masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas seperti sedia kala," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur NTB Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir di Dompu

Trending Now