Iklan Yamaha

Lirik dan Makna Lagu "Kadal Nongak", Kearifan Lokal Masyarakat Lombok

MandalikaPost.com
Kamis, Maret 18 | 17.32 WIB
Kadal Nongak./Ilustrasi.

LOMBOK - Lagu Kadal Nongak merupakan lagu yang berasal dari pulau Lombok. Lagu ini merupakan bentuk syair nasihat yang sering kali diberikan untuk menjadi didikan terhadap anak-anak di tingkat sekolah dasar hingga menengah. 


Dari berbagai sumber, lagu Kadal Nongak ini berasal dari kisah ketika seorang anak gadis (berasal dari keluarga Kerajaan Selaparang di pulau Lombok) yang tidak mendengar kata-kata kakaknya, yang seorang pangeran kerajaan Akibatnya sang putri pun mendapat ganjaran atas kesalahan yang diperbuatnya.


Melihat hal itu, Permaisuri Raja yang dilanda rasa iba mencoba menasehati Putri kesayangannya dengan mensyairkan lagu Kadal Nongak.


Lagu ini kemudian menjadi sangat populer beriring dengan tobatnya sang putri dan membudaya di masyarakat Lombok. Kini lagu tersebut telah menjadi salah satu lagu daerah yang termuat pada pelajaran Mulok (Muatan Lokal) sekolah di Lombok, Nusa Tenggara Barat.


Lirik dan Makna Kadal Nongak 



Kadal Nongak 

Kadal yang menghadap atas



Leq Kesambiq 

Di pohon Kesambi (berduri)



Benang kataq 

Benang yang mentah (telah rapuh dimakan usia)



Setekilan

Satu gantung besar nan padat dan penuh



Tajah Onyak 

Dinasehati dengan baik-baik



Deq Ne Matiq 

Tidak mau mendengar 



Payu Salaq Kejarian 

Sehingga terkena kualat



Aduh Dende 

Sebutan atau bahasa halus untuk menegur seorang gadis dengan penuh kasih sayang



Mun Cempake siq kembang sandat 

Bunga cempaka dan bunga labu



Saq Sengake jari Sahabat 

Semestinya yang lebih tua itu dijadikan sahabat, sehingga mesti didengar nasihatnya



Filosofinya,  sang putri, dalam hal ini, diumpamakan sebagai seorang kadal yang notabenenya ada di tanah. Namun, sang ratu memposisikan kadal yang bertahtakan pohon berduri itu menghadap ke atas, ia seolah angkuh dan acuh terhadap apa yang sedang ia pijaki. 


Begitulah, sang putri yang angkuh tidak menyadari dirinya bahwa sebenarnya tahta yang ia miliki adalah duri baginya yang berbuah kualat. 


Tindakan putri yang tidak mendengar kata kakaknya membawa sang putri merasa tersisihkan di masyarakatnya sendiri.  


Seorang Kakak Mestinya Menjadi Sahabat bagi sang Adik. Lagu kadal nongak merupakan salah satu lagu daerah lombok yang memiliki nilai- nilai yang mendidik. 


Lagu ini menjadi syair nasehat dan diajarkan pada hampir seluruh sekolah dasar di Lombok. Lagu kadal nongak  menjadi salah satu materi dalam mata pelajaran muatan lokal. Lagu ini mengandung  nilai sosial dan pendidikan. 


Nilai- nilai sosial yang dianut dalam syair kadal nongak ini adalah nilai seni. Lagu ini menjadi populer di kalangan masyarakat suku sasak dan sering dinyanyikan oleh ibu- ibu untuk anaknya. 


Selain nilai seni, juga mengandung nilai persahabatan, di mana makna darilagu ini adalah kita harus bersahabat dengan orang yang lebih tua dan mesti mendengar nasihat- nasihatnya. Sedangkan nilai pendidikannya adalah tidak boleh angkuh, sombong dan mendengarkan nasihat orangtua.


SUMBER  


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lirik dan Makna Lagu "Kadal Nongak", Kearifan Lokal Masyarakat Lombok

Trending Now

Iklan