Keren !!, Perwira Angkatan Laut Ini Taklukkan Tujuh Puncak Sembalun dalam Lima Hari

Rosyidin
Sabtu, Juni 05, 2021 | 15.31 WIB
Letkol Laut (T) Andry Kuswoyo S.T., M.Tr.Hanla., saat berada di salah satu puncak Sembalun Seven Summits, di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

MANDALIKAPOST.com - Letkol Laut (T) Andry Kuswoyo S.T., M.Tr.Hanla, berhasil menaklukkan medan terjal menjajaki tujuh puncak bukit termasuk Gunung Rinjani. Perwira TNI Angkatan Laut ini juga menjadi salah satu fiinisher pertama di Sembalun Seven Summits (S7S) dari unsur TNI-Polri. 


Bersama 22 orang personil alumni IPDN, langkah kaki Letkol Laut (T) Andry Kuswoyo memakan waktu selama 5 hari perjalanan untuk menuntaskan tujuh puncak tertinggi di Sembalun, 31 Mei hingga 4 Juni 2021. 


"Alhamdulillah, saya bisa tuntaskan  untuk menaklukan Sembalun Seven Summit (S7S) dalam waktu 5 hari. Dan mungkin saya satu-satunya finisher pertama dari unsur TNI-Polri," ujar Andry, Sabtu (5/6) di Sembalun, Lombok Timur. 


Andry mengaku dapat info adanya S7S lewat medsos. Selain itu dari salah satu pelatihnya yakni, Ibu Sri salah satu owner Sembalun Seven Summits. Namun ia tidak berhenti sampai disitu untuk menggali info tentang S7S, terutama ke komite. 


"Luar biasa sampai ahirnya bulan Juni ini, kami datang menaklukan S7S. Dan harapan saya, semoga ini jadi motivasi bagi para pemuda di Sembalun yang punya banyak prestasi mambangun desanya," kata Andry.


Andry yang berasal dari Malang, Jawa Timur mengaku tidak henti-hentinya kagum dan takjub melihat eksotisme keindahan panorama setiap bukit yang didaki.


Bukit yang paling direkomendasikan untuk dijadikan pariwisata Nasional adalah Bukit  kondo, karena mudah dijangkau untuk wisata keluarga. 


"Bukit yang paling berkesan terhadap titik dan latihan, jangan salah dengan 1500 Mdpl yakni Bao Ritif. Luar bisa itu yang paling keren, pokoknya luar biasa. Kalau nggak percaya datang dan buktikan sendiri sensasinya," tukasnya dengan wajah bahagia dan puas. 


"Orang nggak boleh tau hanya sekedar Rinjani, ada enam bukit yang harus diselesaikan," imbuh Andry. 


Andry mengatakan, Sembalun dan pegunungannya memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan tempat lain di Jawa, bahkan di Indonesia. 


"Saya menyebutnya punggungan naga, maksud saya bukit yang satu menjadi satu kesatuan tidak terpisahkan. Jadi bukit, kita naik lagi bukit, bukit, bukit dan sapananya. Kita melihat Rinjani itu paket lengkap," tutur Andry. 


Ia pun berjanji, akan balik lagi untuk mengiuti iven Sembalun Seven Summit yang akan segera diselenggarakan secara Nasional oleh komite S7S dalam waktu Dekat ini. 


"Saya akan ikut, dan akan saya buktikan tuntaskan dalam waktu 3 hari," ujarnya.


Komite Sembalun 7 Summit, Hamka Badul Malik mengatakan, sejak diresmikan paket wisata ini berhasil menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan domestik maupun Manca Negara untuk berkunjung ke kawasan Sembalun, kaki Gunung Rinjani. 


Bukan hanya keindahan panorama pegunungan dan pendakian yang menantang adrenalin, kebanyakan yang datang juga berburu sertifikat finisher. Ini sertifikat resmi yang diberikan pengelola 7 Summits bagi para pendaki yang berhasil menaklukan tujuh puncak bukit di kawasan kaki Gunung Rinjani. 


Hamka mengapresiasi Letkol Laut (T) Andry Kuswoyo S.T., M.Tr.Hanla, yang berhasil meraih sertifikat finisher pertama dari unsur TNI-Polri. Biasanya  yang menjadi finisher saat ini dari pelari maupun wisatawan yang memang benar-banar suka berpetualang dan tantangan. 


"Selamat buat pak Andry Kuswoyo, hingga saat ini menjadi finisher pertama dari unsur TNI-Polri," katanya. 


Sejak diresmikan oleh Gubernur 25 Oktober lalu, Sembalun 7 Summit telah menyita banyak perhatian wisatawan. Terutama mereka yang bertekad menaklukan ke tujuh puncak bukit. 


Sembalun Seven Summits telah berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sembalun, dan Lombok Timur umumnya. Wisatawan yang datang untuk merasakan sensasi menaklukan tujuh puncak yang menantang ini, berasal dari berbagai daerah, baik lokal NTB, maupun domestik dan beberapa wisatawan asing. 


"Sejak dilaunching tahun lalu hingga saat ini, sekitar 150 lebih yang menjadi finisher. Salah satunya pak Andry," ujar Hamka.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keren !!, Perwira Angkatan Laut Ini Taklukkan Tujuh Puncak Sembalun dalam Lima Hari

Trending Now