Iklan BNS

Peringatan Harhubnas Meriah di NTB, Wagub Rohmi Tekankan Konektivitas Kunci Keberhasilan Pembangunan

MandalikaPost.com
Jumat, September 17 | 16.03 WIB
Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah menyerahkan bantuan kepada masyarakat dalam peringatan Harhubnas di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat.

MANDALIKAPOST.com -  Puncak Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di NTB digelar di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Jumat, 17 September 2021.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah, Kadishub NTB, Lalu Moh. Faozal, ASDP, Gapasdap hingga mitra perhubungan lainnya.


Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi, secara langsung melakukan peletakan batu pertama terhadap pintu masuk Pelabuhan Lembar yang akan ditata dan dipercantik.


Wagub juga ikut meresmikan Bus City Tour yang akan beroperasi di Pelabuhan Lembar. 


Dalam sambutannya, Rohmi menekankan konektivitas dan sinergis segenap insan perhubungan untuk memajukan NTB.


"Konektivitas adalah kunci. Bagaimana mungkin orang datang tidak terfasilitasi. Unsur perhubungan hadir dari orang datang sampai pulang," katanya.


Keindahan Pulau Lombok kata Rohmi, tidak cukup jika tidak memiliki konektivitas yang baik. Sehingga insan perhubungan diminta untuk bersinergi.


"Harus bersinergi dan berkoordinasi. Tanpa kekompakan sulit menampilkan konektivitas. Indah saja tidak cukup tanpa konektivitas baik," ujarnya.


Selain itu, Wagub juga menekankan sistem, management dan teknologi perhubungan untuk terus ditingkatkan. Juga untuk angkutan memiliki standar CHSE untuk mencegah penyebaran pandemi.


Sementara, Kadishub NTB, Lalu Moh. Faozal, mengungkapkan ada 18 kegiatan yang menjadi rangkaian Harhubnas 2021 ini. 


Kegiatan tersebut mulai dari aksi bersih-bersih serentak di semua simpul transportasi di NTB, bagi sembako, vaksinasi, hingga peresmian kapal cepat.


"Ada 18 kegiatan yang kami laksanakan. Mulai dari pembagian sembako. Hari kemarin kita serentak di semua simpul transportasi menggelar aksi bersih-bersih," katanya.


Faozal juga mengungkapkan dukungan perhubungan dan mitra perhubungan terhadap Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).


"Kita akan resmikan Bus City Tour.  Kami aktifkan kegiatan mendukung transportasi di seluruh KSPN. Dalam mempercepat konektivitas destinasi di seluruh KSPN," terangnya.


Dijelaskan, fasilitas angkutan di NTB dilengkapi standar CHSE. Bahkan di hari ini tiga angkutan diberikan CHSE.


Untuk vaksinasi massal, sekitar 600 masyarakat sekitar Pelabuhan Lembar mendapatkan vaksinasi gratis di Harhubnas ini.


Faozal juga mengapresiasi peran ASDP Indonesia Ferry yang membantu menata atau mempercantik Pelabuhan Lembar.


"Ini hadiah bagi NTB karena tahun ini tidak ada kegiatan di Lembar, tapi dukungan ASDP maka lembar kita benahi. Dari landscape dan lainnya," ujarnya.


General Manager ASDP Indonesia Ferry, M. Yasin, menegaskan dukungan penuh ASDP terhadap pergelaran Work Superbike (WSBK) hingga MotoGP di Mandalika.


"Kita bahu membahu memberikan dukungan penuh pada event event yang akan diselenggarakan seperti WSBK dan MotoGP," ujarnya.


Untuk rencana pembenahan pelabuhan, dimaksud agar mendapatkan kesan positif dari para tamu yang masuk ke NTB.


"Pintu masuk sempit ada empat rumah warga. Alhamdulillah sudah kita beli. Kita akan buat dua gerbang akses masuk ke Lembar," ujarnya.


Selain itu kapasitas ruang tunggu akan ditingkatkan. Juga akan dibangun ruang VIP dan mempercantik sekaligus menambah ikon Pelabuhan Lembar.


"Rencana kita melakukan pembenahan di lingkungan pelabuhan, karena ini memberikan kesan ke tamu kita," ujarnya.


Dia mengungkapkan ada 26 armada ASDP melayani Lembar - Padang Bai dan enam armada melayani Kayangan - Ketapang.


"Kapasitas kapal tersebut cukup besar. Dalam sehari bisa sampai 24 sampai 28 tergantung kebutuhan," ujarnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringatan Harhubnas Meriah di NTB, Wagub Rohmi Tekankan Konektivitas Kunci Keberhasilan Pembangunan

Trending Now

Iklan