Jelang World Superbike, PLN Tuntaskan Sekma Zero Down untuk Kawasan Mandalika

MandalikaPost.com
Rabu, November 10, 2021 | 14.11 WIB
PLN NTB menuntaskan skema zero down di kawasan The Mandalika, Lombok Tengah, NTB. (FOTO: Humas PLN NTB)

MANDALIKASPOST.com - Gelaran World Superbike (WSBK) dipastikan akan digelar di bulan November 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Sebelumnya, perhelatan internasional itu tersebut akan diawali dengan Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) pada tanggal 12-14 November 2021. 


“Investasi yang dikeluarkan PLN sebesar 47,5 Milyar untuk merealisasikan skema Zero Down Time ini. Ini dukungan penuh PLN untuk mensukseskan IATC dan WSBK,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran.. 


Saat ini, PLN sudah siap untuk melistriki Jalan Kawasan Khusus, yaitu dengan daya yang dibutuhkan adalah sebesar 5,19 MVA. Listriknya sendiri saat ini telah sampai di Gardu Hubung Mandalika dan sudah dapat digunakan oleh PT ITDC.


Selain infrastruktur kelistrikan yang telah siap untuk melistriki perhelatan akbar, PLN juga menyiagakan 244 personel untuk menjaga keandalan listrik di di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. 


Tambahan personel dari Sumbawa dan Bima, atau bahkan dari luar provinsi NTB juga siap untuk didatangkan apabila diperlukan. 


Tak hanya personel, PLN juga telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk memastikan keandalan selama _event_ berlangsung. Sebanyak 47 mobil, 12 sepeda motor, 6 Unit Mobile Trafo, 7 unit genset dengan total kapasitas 3.200 kW dan 9 unit _Uninterrutible Power Supply_ (UPS) berkapasitas 1.070 kVA. 


“Kami mendatangkan 4 unit UPS dari PLN Unit lain di NTT, Jakarta dan  Bali. Sedangkan 2 unit dari Sumbawa dan 1 dari Mataram. Untuk gen set, 2 unit kami mobilisasi dari Jeranjang, dan sebagian lain dari Sumbawa dan Bima," jelas Lasiran.


Koordinasi dengan ITDC juga terus dilakukan untuk memastikan kesiapan listrik di masing masing _venue_. Terdapat beberapa titik yang _crucial_, yaitu _race control, bright store, TV compound, medical center, observation deck_ dan juga _pit building_. 


"Masing masing _venue_ akan dijaga oleh beberapa personel dari PLN. Kami pastikan untuk memberikan yang terbaik untuk Mandalika,” tegas Lasiran. 


Seluruh persiapan dilakukan untuk merealisasikan layanan  _Zero Down Time_ , yaitu listrik layanan tanpa kedip dengan cara penyediaan sistem suplai berlapis.  Sistem utama berasal dari sistem kelistrikan Lombok, yang akan di _back up_ dengan UPS untuk lapis kedua dan gen set sebagai lapis ketiga. Ini merupakan komitmen PLN untuk memastikan listrik yang andal demi menyukseskan penyelenggaraan IATC dan WSBK 2021.


“Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat NTB, supaya sistem kelistrikan selalu andal, terutama pada gelaran yang akan membawa nama Indonesia di dunia internasional,” ujarnya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang World Superbike, PLN Tuntaskan Sekma Zero Down untuk Kawasan Mandalika

Trending Now