Iklan BNS

Tiga Ribu Personil Gabungan Diterjunkan untuk Pengamanan WSBK Mandalika

MandalikaPost.com
Rabu, November 10 | 16.00 WIB
Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal bersama Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah mendampingi Menhub Budi Karya Sumadi, memberikan keterangan pers usai Simulasi Pengamanan Kontijensi WSBK Mandalika di eks Bandara Selaparang Mataram.  

MANDALIKAPOST.com - Sekitar 3.000 personil gabungan TNI-Polri akan diterjunkan dalam pengamanan event World Superbike (WSBK) di Pertamina International Street Circuit Mandalika, 19 - 21 November 2021.


"Minimal 3.000 personil kita libatkan untuk pengamanan WSBK Mandalika. Personil gabungan TNI-Polri dan instansi terkait," kata Kapolda NTB, Irjen Pol Muhammad Iqbal, usai Simulasi Pengamanan Kontijensi WSBK Mandalika, Rabu 10 November 2021, di eks Bandara Selaparang Mataram.


Menurutnya, ribuan personil gabungan ini akan ditempatkan menyebar di ratusan titik dan ploting strategis, guna memastikan keamanan penyelenggaraan event internasional tersebut.


Simulasi Pengamanan Kontijensi WSBK Mandalika yang digelar Polda NTB bersama Korem 162/WB, disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah.


Dalam simulasi, sejumlah skenario gangguan kamtibmas dan penanganannya diperagakan. Termasuk ganguuan terorisme dan ancaman bom.


Kapolda Iqbal menjelaskan, rangkaian simulasi tersebut merupakan proses manajemen security yang dimulai dari FGD, rapat kecil antar stakeholder, pengumpulan data validatif masing-masing sektoral, hingga pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG) yang sudah dia kali dilaksanakan.


"Kita juga sudah laksanakan TFG pamungkas dan final cheking pamungkas yang langsung dipimpin oleh pak Gubernur. Kita yakin untuk pengamanan WSBK ini bisa maksimal. Hari ini dalam simulasi kita berikan gambaran bagaimana kita kerjakan konsep tersebut, terutama untuk kondisi kontijensi," ujarnya.


Irjen Iqbal menambahkan, untuk keamanan dan memastikan penerapan protokol kesehatan dalam event WSBK Mandalika, Polda NTB dan stakeholders terkait juga akan melakuka proses screening bagi para penonton di lima pintu masuk NTB, seperti Bandara dan Pelabuhan Laut.


Selain itu, proses screening juga akan dilakukan di dua pintu utama memasuki kawasan Mandalika.


"Pada prinsipnya manajemen pengamanan sudah kita siapkan maksimal, dan Insya Allah kita siap jadi tuan rumah perhelatan event internasionai ini. Bukan hanya WSBK tetapi juga kita siap untuk MotoGP 2022," kata Kapolda Iqbal.


Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi persiapan yang dilakukan NTB dalam menyambut WSBK Mandalika.


"Satu kata, ini luar biasa. Persiapan TNI dan Polri di NTB sudah sangat bagus, saya mewakili pemerintah pusat menyampaikan apresiasi. Ini menunjukan kita punya kemampuan alert yang tinggi, untuk mengantisipasi segala macam bentuk ganguan, baik kamtibmas, terorisme maupun kebencanaan," kata Budi Karya Sumadi.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tiga Ribu Personil Gabungan Diterjunkan untuk Pengamanan WSBK Mandalika

Trending Now

Iklan