Persiapan MotoGP, Pemprov NTB dan KSP Bahas Pelebaran Jalan Ruas Kuta – Keruak

MandalikaPost.com
Kamis, Desember 09, 2021 | 20.34 WIB
Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah.

MANDALIKAPOST.com - Pemprov NTB bersama pemerintah pusat terus membahas rencana pelebaran fasilitas jalan Provinsi ruas Kuta-Keruak, dan perbaikan fasilitas pendukung lain. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepercayaan kepada dunia internasional, bahwa Pertamina Mandalika International Street Circuit lebih siap menggelar event dunia MotoGP dan bahkan mampu menggelar Formula One ke depan.


“Kalau landscape dan fasilitas jalan Provinsi Kuta-Keruak sudah bagus, saya yakin MotoGP lebih mantap lagi dan kita lebih percaya diri bicara dengan Owner Formula One,” kata Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah, dalam rapat koordinasi lanjutan rencana pelebaran jalan Provinsi Ruas Kuta-Keruak, yang diselenggarakan Kantor Staf Presiden (KSP) melalui telekonferensi menggunakan aplikasi Zoom, Kamis (9/12/2021) di pendopo Gubernur.


Dengan demikian, papar Gubernur Zul, saat menemui pihak dan Owner Formula One nantinya NTB bisa memberikan kepastian bahwa segala fasilitas dan sarana dan prasarana dapat mendukung terselenggaranya Formula One maupun event bergengsi lainnya ke depan, dapat memenuhi standar dan syarat yang ditentukan.


Gubernur Zul mengatakan, kesuskseskan pelaksanaan gelaran internasional IATC dan WSBK membuktikan bahwa Indonesia khususnya NTB mampu menggelar event dunia tersebut. Sehingga pelaksanaan MotoGP yang penontonnya diperkirakan 10 kali lebih banyak, harus didukung dengan penataan dan pembangunan fasilitas yang jauh lebih baik lagi.


"Dalam rapat terbatas dengan Presiden RI H. Joko Widodo dan sejumlah Menteri, kami telah sampaikan agar persiapan MotoGP dan event lainnya harus digesa agar lebih siap lagi," katanya. 


Menurutnya, Presiden Jokowi juga memuji keberhasilan pelaksanaan IATC dan WSBK yang mampu membangkitkan sektor pariwisata, hingga berimbas ke sektor ekonomi dan sektor lain. Selain itu juga event tersebut juga aman dan mentaati prokes yang ketat dan tidak menimbulkan cluster baru Covid-19.


“Oleh sebab itu, kami menyampiakan ucapan terimakasih kepada Presiden Jokowi yang telah mendukung penuh pembangunan berbagai fasilitas pendukung dan sarana prasarana sirkuit Mandalika serta berbagai program pemerintah pusat di NTB,” katanya.


Sementara itu perwakilan Staf Kepresidenan Ansyori, meminta agar kementerian Keuangan, PUPR RI, ITDC, Pemprov NTB dan leading sector lainnya, agar segera dapat mempercepat pengganggaran dan pengerjaan fasilitas jalan Kuta-Krua dan fasilitas lainnya. 


“Sehingga event MotoGP dapat berjalan sukses dan lancar, dan sebelum tanggal 20 Maret 2022 sudah siap semuanya,” tegasnya.


Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB Ir. H. Ridwan Syah menegaskan bahwa yang dibutuhkan oleh daerah saat ini, adalah kepastian pelaksanaan dan pengerjaan untuk fasilitas dan sarpras dari pemerintah pusat. 


“Kami berharap pekerjaan fisik jalan Provinsi dalam mendukung Sirkuit Mandalika harus didukung penuh oleh Pemerintah Pusat. Artinya ini menjadi direktif Presiden yang harus dilaksanakan oleh Kementerian PUPR,’’ katanya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Persiapan MotoGP, Pemprov NTB dan KSP Bahas Pelebaran Jalan Ruas Kuta – Keruak

Trending Now