Iklan BNS

Wujudkan NTB Hijau, Gubernur dan Wagub Ikut Menanam Pohon

MandalikaPost.com
Kamis, Desember 16 | 13.36 WIB
Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah dan Wagub Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah saat menanam bibit pohon. 

MANDALIKAPOST.com - Sebanyak 56 ribu batang pohon mulai ditanam di sepanjang jalan nasional dan jalan provinsi di seluruh wilayah NTB. Penanaman pohon ini merupakan rangkai dari HUT NTB ke-63 yang melibatkan seluruh stakeholder mulai dari BUMN, siswa hingga masyarakat disekitar jalan-jalan tersebut.


Sedangkan jenis-jenis pohon yang ditanam seperti pohon ketapang kencana, kayu putih dan berbagai jenis pohon lainnya. Penanaman serentak dilakukan mulai dari jalan nasional dan provinsi dari Mataram ke KLU, Mataram hingga KEK Mandalika. Kemudian jalan nasional Sumbawa Lunyuk, Sepanjang jalan di kawasan Tambora hingga jalan nasional menuju kecamatan Sape. 


Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah mengatakan, penanaman pohon di sepanjang jalan nasional dan provinsi merupakan ikhtiar mewujudkan NTB asri dan lestari. Selain itu, penanaman pohon juga akan dimasifkan di hutan-hutan yang ada di pulau Sumbawa. Khusus untuk jalan bypass dari Mataram menuju Bandara dan KEK Mandalika juga dilakukan penanaman pohon juga akan dibuatkan taman-tamannya.


"Karena sepanjang jalan bypass sampai ke bandara adalah jalan yang sering dilalui tamu-tamu. Jika pohon sudah ditanam  agar dirawat sebaik mungkin. Percuma kita banyak menanam tapi tidak ada yang merawat," ungkapnya saat ikut menanam pohon bersama Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah di bundara bypass Labulia Kecataman Jonggat Lombok Tengah, Kamis (16/12).



Bang Zul sapaan akrabnya menjelaskan, penanaman pohon dan pembuatan taman di sepanjang jalan bypass menuju sirkuit agar dipercepat paling lambat di awal Januari. Karena pada 19 February Sirkuit Mandalika akan dilakukan uji coba oleh pembalap-pembalap MotoGP.


"Untuk itu, saya minta dinas LHK berkoordinasi dengan LHK Kabupaten Lombon Barat dan Lombok Tengah bersama stakeholder terkait untuk terus merawat pohon-pohonnya dan mengirim orang-orang yang paham tentang pertamanan," harap Bang Zul.


Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menegaskan, menjelang satu bulan sebelumnya diselenggarakannya event MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 20 Maret tahun 2022. Kegiatan penanaman pohon dan pembuatan taman di sepanjang jalan bypass dari Mataram hingga sirkuit harus benar-benar diwujudkan dengan baik.


"Untuk itu, semua stakeholder dan masyarakat sekitar untuk terus bekerja sama untuk mewujudkan jalan kita yang indah dan asri. Terutama jangan lagi ada sampah di sepanjang jalan bypass," Harap Ummi Rohmi.


Dalam kegiatan penanaman pohon ini, turut dihadiri Sekda Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya, Kepala Dinas LHK NTB, Madani Mukarom, Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, Kepala Desa setempat, gabungan TNI Polri serta siswa SMK, SMA dan SD yang berada di sekitar lokasi penanaman pohon. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wujudkan NTB Hijau, Gubernur dan Wagub Ikut Menanam Pohon

Trending Now

Iklan