Iklan BNS

Disaksikan 33 Ribu Penonton, Hari Kedua MotoGP Mandalika Lancar

MandalikaPost.com
Sabtu, Maret 19, 2022 | 20.59 WIB
MotoGP Mandalika berjalan lancar di hari kedua, Sabtu 19 Maret 2022, di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB.


MANDALIKAPOST.com – Hari kedua pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022 di Pertamina Mandalika Circuit, The Mandalika, Lombok, NTB, yang dikelola BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), berlangsung dengan lancar. 


Kondisi cuaca juga sangat mendukung walaupun Kawasan The Mandalika sempat diguyur hujan deras bercampur angin pada pagi hari.  Rangkaian sesi free practice, kualifikasi, dan race hari ini berjalan lancar, total sebanyak 33 ribu penonton hadir menyaksikan pembalap beraksi di atas aspal Pertamina Mandalika Circuit.


Agenda balapan yang sudah terlaksana hari ini, Sabtu (19/3) adalah final free practice balap Moto3, Moto2, dan MotoGP serta kualifikasi Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), Moto3, Moto2 dan MotoGP. Sesi kualifikasi ini kemudian dilanjutkan dengan Race 1 IATC yang diisi dengan 16 putaran (lap).


Kecepatan tertinggi di Pertamina Mandalika Circuit hari ini diraih oleh Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing Team yaitu 315,7 km/jam pada saat menjalani kualifikasi. Sedangkan hasil kualifikasi MotoGP dengan waktu tercepat dicapai oleh Fabio Quartararo, Jorge Martin dan Johann Zarco.


Tuan rumah Indonesia mencatat prestasi melalui Mario Aji yang berhasil meraih start pada posisi ketiga dan masuk pada barisan 5 pembalap tercepat pada sesi kualifikasi ajang Moto3 yang berlangsung pagi hari, dan Reykat Yusuf Fadillah yang berada pada posisi ketiga pada race 1 IATC.


Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menyampaikan, penyelenggaraan event balap internasional pada hari ini berjalan dengan baik dan lancar. 


"Para pembalap telah menyampaikan bahwa mereka senang dapat berlaga kembali di Pertamina Mandalika Circuit setelah sebelumnya sempat mencoba Sirkuit ini pada Tes Pra Musim pada Februari lalu.  Hari ini, banyak pembalap yang meningkatkan performanya dengan mencapai kecepatan lebih tinggi dari kemarin," katanya.


Abdulbar menyampaikan ucapan terima kasih kepada 33 ribu penonton yang telah mengikuti protokol kesehatan dengan tertib dalam menyaksikan perhelatan balap internasional ini secara langsung. 


"Upaya ini menjadi sebuah kerjasama yang baik bagi kita semua, baik dari sisi tim penyelenggara hingga penonton untuk menjaga diri dari potensi penularan COVID-19,” ucap Abdulbar.  


Event hari ini juga semakin bertambah seru dengan penampilan Aerobatic Show yang melibatkan 6 pesawat dari TNI Angkatan Udara (TNI AU) melintas di langit Mandalika. Penonton juga dihibur oleh penampilan Feel Koplo, RAN, Maliq & D’Essentials dan Padi Reborn di panggung BNI Mandalika Music Vibes yang digelar di area inner circuit, setelah balapan selesai.


Agenda balapan hari terakhir (Minggu, 20 Maret) akan dimulai dengan sesi pemanasan untuk kelas Moto 3, Moto 2, dan MotoGP di pagi hari, sebelum digelarnya race Moto 3 sebanyak 23 laps, Moto 2 sebanyak 25 laps, dan MotoGP sebanyak 27 laps siang hari.  


“Presiden Joko Widodo direncanakan hadir di Sirkuit untuk menyaksikan race MotoGP,” tambah Abdulbar.  


Setelah balapan selesai, penonton juga akan dihibur kembali melalui penampilan DJ Ninda Felina, Pamungkas, Band Samsons dan Band Slank di panggung BNI Mandalika Music Vibes.  


Selain balapan dan berbagai side event di inner circuit, penonton juga dapat menikmati sejumlah event lain yang digelar di dalam kawasan The Mandalika.


Diantaranya Mandalika Tropical Festival pada tanggal 19-20 Maret 2022 di Tanjung Aan, Festival Jajajan Bango tanggal 18-20 Maret 2022 di Kuta Beach Park, Konser Mandalika Weekender pada tanggal 20 Maret 2022 di Pantai Kuta, Food Truck Festival pada tanggal 18-20 Maret 2022 serta, tidak ketinggalan Pameran UMKM Pemprov NTB dan Pemkab Lombok Tengah di Parkir Timur 1 Mandalika.


“Dengan berbagai event pendukung baik di dalam Sirkuit maupun di sejumlah titik dalam kawasan The Mandalika, kami harapkan dapat memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi penonton yang hadir secara langsung di Mandalika untuk menonton balapan MotoGP 2022,” tutup Abdulbar.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Disaksikan 33 Ribu Penonton, Hari Kedua MotoGP Mandalika Lancar

Trending Now

Iklan