Iklan BNS

KNPI NTB Dorong Perkembangan Ekonomi Kreatif Pasca MotoGP dan MXGP

MandalikaPost.com
Minggu, Juli 03, 2022 | 17.51 WIB
Ketua KNPI NTB, Taupik Hidayat.

MANDALIKAPOST.com - DPD KNPI Provinsi NTB mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di daerah, dan partisipasi generasi muda. Hal ini diperlukan untuk mengimbangi perkembangan industri pariwisata pasca MotoGP Mandalika dan MXGP Samota.


Ketua KNPI NTB, Taupik Hidayat mengatakan sektor ekonomi kreatif sudah saatnya dikembangkan di NTB. Apalagi NTB juga sudah menjadi destinasi sport tourism, setelah sukses menggelar MotoGP Mandalika dan MXGP Samota.


"Kami dorong ekonomi kreatif untuk menyambut bangkitnya Pariwisata NTB pasca MotoGP dan MXGP," kata Taupik Hidayat, Minggu 3 Juli 2022, di Hotel Jayakarta, Senggigi Lombok Barat.



Menurutnya, point ini akan menjadi salah satu dibahas dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD KNPI NTB yang akan digelar Senin 4 Juli 2022, di Hotel Jayakarta, Senggigi, Lombok Barat.


Rakerda KNPI NTB mengangkat tema NTB Gemilang, Indonesia Maju. Kegiatan akan dihadiri para Ketua DPD KNPI Kota dan Kabupaten sewilayah NTB, pengurus KNPI NTB, dan para tamu undangan.


Taupik mengatakan, saat ini NTB menjadi sorotan setelah sukses menggelar dua event internasional, MotoGP di Sirkuit Mandalika dan MXGP di sirkuit Samota Sumbawa.


KNPI mengapresiasi kerja keras pemerintah, Pemprov NTB dan Kabupaten Kota yang sudah berupaya maksimal menjadi tuan rumah yang baik untuk dua event internasional itu.


"NTB sukses menggelar dua event internasional MotoGP dan MXGP. Ini tentu tak main-main dan butuh kerja super ekstra," katanya.


Menurutnya, banyak pihak pesimis saat MotoGP akan digelar di Indonesia, apalagi di Lombok NTB. Dan ketika ada peluang, banyak Kepala Daerah di Provinsi lain berebutan untuk menjadi tuan rumah.


"Menghadirkan MotoGP di Indonesia itu awalnya kayak mimpi. Di Indonedia apalagi di NTB. Ternyata Allah SWT memberikan blessing in disques dan MotoGP bisa digelar di kampung halaman kita Lombok, NTB," ujarnya.


Begitu pula saat MXGP Samota akan digelar di Sumbawa. Banyak pihak yang pesimis bahkan nyinyir. Namun meski dalam waktu yang singkat sekitar 4 bulan persiapan, MXGP Samota bisa dilaksanakan dengan sukses.


Taupik menekankan, sukses MotoGP dan MXGP ini tak lepas dari figur kepemimpinan Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah yang berhasil meyakinkan banyak pihak bahwa NTB bisa dan sangat layak menggelar event-event berkelas internasional.


"Gubernur Zul memiliki banyak jaringan nasional dan luar negeri yang akhirnya bisa mensupport. Selain itu, penunjukan Komandan Lapangan yang tepat yakni Ir H Ridwan Syah yang benar-benar maksimal bekerja," katanya.


Dua event internasional itu, papar Taupik menjadi modal besar bagi NTB untuk membangkitkan sektor kepariwisataan di daerah ini. Di satu sisi, dua event itu sudah berdampak pada percepatan pembangunan infrastruktur pendukung, jalan, jembatan, Bandara dan pelabuhan juga terupgrade berstandar internasional.


Multiplier effectnya juga dirasakan para pelaku jasa wisata, perhotelan, kuliner, jasa transportasi dan juga UMKM. Baik di Lombok maupun di Sumbawa.


"Kami melihat bahwa NTB saat ini jadi miniatur Indonesia. NTB sudah layak dijajajarkan dengan Provinsi lain di dunia secara global. Ini tak lepas dari cara tak biasa yang dilakukan Gubernur kita," ujar dia.


Untuk menangkap peluang kebangkitan pariwisata ke depan, Taupik menegaskan, sektor ekonomi kreatif dan UMKM harus terus dikembangkan. Selain itu, peningkatan sumber daya manusia (SDM) di tiap Kabupaten dan Kota pun menjadi bagian penting.


Apalagi, kontrak MotoGP Mandika selama 10 tahun dan MXGP Samota 5 tahun. Sehingga akan sangat positif bagi sektor perekonomian daerah khususnya pariwisata.


"Contoh kecil saat MotoGP Mandalika itu banyak souvenir dan kaos yang diproduksi dari luar NTB. Nah ke depan kita harus bisa menangkap peluang ini, terutama anak muda kita di NTB," jelasnya.


Menurut dia, berkaca dari sukses MotoGP dan MXGP maka KNPI NTB sangat mendukung program Pemprov NTB, NTB Gemilang ke depan. 


"Sehingga tema yang kami angkat tema Rakerda kali ini, NTB Gemilang untuk Indonesia Maju," ujarnya.


Selain ekonomi kreatif, Rakerda KNPI NTB juga akan membahas program KNPI ke depan, terutama yang selaras dengan semangat membangun NTB Gemilang. Kepemudaan memiliki peran yang strategis untuk hal tersebut.


Ia menambahkan, Rakerda KNPI NTB Senin 4 Juli 2022 akan dihadiri Ketum KNPI Dr Ilyas Indra, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah dan dihadiri segenap unsur Forkopimda NTB.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KNPI NTB Dorong Perkembangan Ekonomi Kreatif Pasca MotoGP dan MXGP

Trending Now

Iklan