Distanbun NTB Siapkan Lahan Untuk Tanam Sorgum

Ariyati Astini
Senin, Agustus 15, 2022 | 15.08 WIB
Tanaman Sorgum Yang Ada di Mataram.

MANDALIKAPOST.com - Dinas Pertanian dan Perkebunan Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mengembangkan kawasan budidaya tanaman sorgum di Kabupaten Lombok Tengah dan Sumbawa yang terletak di provinsi tersebut.


Kepala Dinas Pertanian dan Petkebunan NTB Fathul Gani mengatakan pihaknya akan menyiapkan dua hektare lahan untuk pengembangan sorgum di Lombok Tengah dan Sumbawa.


"Ada dua hektare lahan yang kita siapkan untuk mengembangkan sorgum di Kabupaten Lombok Tengah dan Sumbawa," ujar Gani pada Senin (15/8/2022).


Fathul Gani mengakui di daerah Lombok Tengah dan Sumbawa sebetulnya sudah ada masyarakat atau petani yang menanam sorgum, hanya saja belum secara masif dilakukan sehingga hasilnya pun masih sedikit.


"Pengembangannya masih swadaya. Tapi, Insya Allah kita akan intervensi di tahun 2023," ujarnya.


Ia mengatakan secara potensi, lahan untuk tanaman sorgum di NTB luar biasa. Terlebih lagi tanaman ini tidak membutuhkan terlalu banyak air karena bisa hidup di lahan tadah hujan.


"Lahan kering kita kan 18 persen dari lahan yang kita miliki, sehingga secara potensi besar dan itu yang ingin kita kembangkan," terang mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan NTB ini.


Fathul mengakui dari ratusan hektar lahan, bahkan bisa lebih tersebut petani atau masyarakat bisa melakukan pola selang seling antara jagung dan sorgum.


"Kita kan punya banyak lahan-lahan kering, misalnya jagung yang baru sekali di tanam mungkin kita akan selingi dengan pola tanam sorgum itu bisa saja. Tinggal kita atur pola tanam-nya saja," ucapnya.


Lebih lanjut, Fathul mengatakan budidaya tanaman sorgum saat ini menjadi program prioritas pemerintah pusat. Oleh karena itu, pihaknya sangat mendukung langkah tersebut. Bahkan pihaknya menjanjikan suatu saat NTB menjadi salah satu daerah sentra sorgum nasional.


"Kami sangat mendukung program yang diinisiasi pemerintah pusat ini. Karena melihat potensinya luar biasa," tandasnya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Distanbun NTB Siapkan Lahan Untuk Tanam Sorgum

Trending Now