Iklan BNS

Kadispora NTB : Dengan FOP, Minat dan Bakat Olahraga Terdeteksi Sejak Dini

MandalikaPost.com
Selasa, September 20, 2022 | 19.03 WIB
Penutupan Festival Olahraga Pendidikan (FOP) Provinsi NTB di Gelanggang Pemuda NTB. 

MANDALIKAPOST.com - Gelaran Festival Olahraga Pendidikan (FOP) tingkat Provinsi NTB, sukses terselenggara selama tiga hari di Gelanggang Pemuda NTB, di Kota Mataram.


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB, H Surya Bahari mengatakan, pelaksanaan FOP cukup strategis untuk menjaring minat dan bakat olahraga sejak dini.


"FOP ini Program Kemenpora, ujicobanya diselenggarakan serentak di seluruh Provinsi termasuk NTB," kata Kadispora Surya Bahari, usai menutup FOP NTB, Selasa sore 20 September 2022 di Mataram.   


Surya Bahari menjelaskan, FOP dikemas dalam bentuk festival, dengan tujuan untuk melatih gerak dasar pelajar dan untuk mencari minat dan bakat yang kemudian diarahkan ke prestasi. 


Kadispora NTB H Surya Bahari bersama Wakil Ketua IGON NTB, Budi Satria.

Para peserta FOP merupakan pelajar SD, SMP dan SMA sederajat, yang sama sekali belum pernah mencatat prestasi olahraga.


"Jadi ini benar-benanr ajang untuk mencari minat dan bakat serta bibit unggul atlit di tingkat pelajar. Sebab, yang sudah pernah mencatat prestasi tidak boleh ikut," katanya.

 

Untuk NTB sendiri papar Surya, FOP menghadirkan dua cabang olahraga yakni pencak silat sebagai cabir wajib dan  karate sebagai cabor pilihan.


Menurutnya, ujicoba FOP di NTB terlaksana sukses, dan seluruh Kabupaten dan Kota mengutus perwakilannya. 


"InsyaAllah mulai tahun depan FOP dikukuhkan menjadi agenda tahunan nasional," kata Surya Bahari.


Ketua Panitia FOP NTB, Mone Febrianto mengatakan, FOP diikuti sekitar 48 peserta pencak silat dan 43 peserta karate.


"Para peserta merupakan perwakilan SD, SMP dan SMA yang mewakili 10 Kabupaten dan Kota di NTB," katanya.


Dalam FOP kali ini, kontingen Lombok Timur mendominasi juara dalam cabor pencak silat. Sementara Kota Mataram mendominasi juara dalam cabor karate.


Ia mengaku FOP merupakan kegiatan positif yang diharapkan bisa menjadi agenda tahunan. 


"Kita lihat semakin banyak kegiatan-kegiatan adik-adik pelajar akan semakin bagus. Termasuk FOP ini, sangat tepat untuk menjaring minat dan bakat," tukasnya.


Sementara itu, Wakil Ketua Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGON) Provinsi NTB, Budi Satria mengapresiasi jajaran Dispora NTB yang sudah sukses melaksanakan FOP.


"FOP ini merupakan salah satu cara kita tarik kegiatan nasional atau pusat, ke daerah, khususnya di NTB ini. Kami sangat antusias dan mengapresiasi kinerja Dispora NTB," kata Budi.


Menurut dia, kegiatan di bidang olahraga harus terus didukung dan digeliatkan di daerah NTB Gemilang ini. Apalagi NTB tercatat akan menjadi tuan rumah PON 2028 mendatang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kadispora NTB : Dengan FOP, Minat dan Bakat Olahraga Terdeteksi Sejak Dini

Trending Now

Iklan