Iklan BNS

Dr Ahsanul Khalik : Pemuda NTB Harus Mampu Bersaing di Kancah Nasional, Global !!

MandalikaPost.com
Jumat, Oktober 14, 2022 | 18.48 WIB
Kepala Dinas Sosial NTB, Dr H Ahsanul Khalik saat memberikan sambutan sekaligus membuka Konferwil LMND NTB di Lombok Timur.

MANDALIKAPOST.com - Generasi muda Nusa Tenggara Barat (NTB) harus mampu bersaing di kancah nasional dan juga global. Para aktivis mahasiswa dan kepemudaan punya peran penting untuk mendorong semangat tersebut. Muaranya kepada aspek kesetaraan, keadilan sosial, dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini ke depan.


Benang merah itu tersirat dalam sambutan Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, Dr H Ahsanul Khalik, saat mewakili Gubernur NTB membuka Konferensi Wilayah Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) NTB, Jumat 14 Oktober 2022, di Aula Loka Latihan Kerja (LLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lombok Timur.


"Pemuda NTB harus mampu bersaing di kancah nasional dan global. LMND dan aktivis kepemudaan lainnya berperan penting. Dengan semangat kolektif, maka hal ini akan menjadi keniscayaan," kata Dr AKA, sapaan akrab Ahsanul Khalik.


Pembukaan Konferwil LMND NTB juga dihadiri Sekda Lombok Timur, Kepala Dispora Lombok Timur, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri Lombok Timur, Wakapolres Lombok Timur, Ketua Umum Pusat LMND dan Ratusan Aktivis LMND Se-NTB.


Dr AKA mengatakan, aktivis itu lahir dari rahim negeri yang risau dan gundah gulana dengan bagaimana menghadirkan kesejahteraan, keadilan dan menghilangkan ketertindasan bagi rakyat dan semesta yang ada di Negeri ini.


LMND adalah salah satu dari sekian banyak pergerakan yang didalamnya ada aktivis yang memahami betul bagaimana mewujudkan harapan itu.


"Pak Gubernur berpesan agar aktivis LMND di NTB harus memiliki SDM yang betul betul tangguh. Tidak saja bisa menyuarakan nurani rakyat di jalanan, tapi juga dia harus mampu mengurus dirinya dengan baik, sehingga perjuangan akan nasib rakyat berupa kesejahteraan, keadilan dan keseteraan semakin mudah diwujudkan," ujarnya.


Pembukaan Konferwil LMND NTB di Lombok Timur.

Menurut dia, aspek pendidikan dan ekonomi, menjadi poin penting untuk peningkatan kapasitas SDM generasi muda ini.


"Karena suatu hal yang mustahil bisa kita lakukan dalam memperjuangan hak-hak masyarakat kalau dalam diri para aktivis juga belum selesai dengan dirinya, karena nya Bapak Gubernur mendorong LMND juga mengembangkan semangat wirausaha dan membangun kekuatan ekonomi para aktivisnya," katanya. 


Menurut Dr AKA, sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Umum Pusat LMND, yang ingin mengembangkan SDM para anggota/aktivis LMND, maka pemerintah Provinsi NTBmemberikan ruang kepada para aktivis LMND untuk juga mengikuti Beasiswa yang menjadi program unggulan Pemprov NTB di bawah kepemimpinan Zul-Rohmi saat ini.


"Silahkan para aktivis LMND mengikuti program beasiswa ke luar negeri, untuk meningkatnya kualitas SDM kita di NTB di masa depan. Karena kita akan semakin bangga dengan daerah kita NTB ini, kalau anak-anak NTB ada di mana-mana dengan kualitas keilmuan dan kepemimpinan yang handal dan mampu bersaing dengan siapa pun, lalu dia membawa nama NTB, maka ikhtiar kita mewujudkan NTB Gemilang menjadi nyata," tukas Dr AKA.


Ia mengungkapkan, di masa empat tahun kepemimpinan Zul-Rohmi, program unggulan beasiswa ini terus berjalan dengan total awardee Beasiswa NTB dalam negeri telah mencapai 3.671 orang. Itu terdiri dari kategori Beasiswa Miskin Berprestasi (BMB) dengan 702 Awardee, Beasiswa Stimulan Unggulan (BSU) sebanyak 1.252 Awardee, dan 1.717 orang penerima Beasiswa Stimulan Kerjasama (BSK), 411 penerima beasiswa luar negeri dan sangat mungkin akan bertambah jumlahnya. 


Menurutnya, program peningkatan kapasitas SDM ini menjadi program yang berorientasi ke depan, agar NTB sebagai daerah yang memiliki potensi alam dan manusia yang tidak tertinggal dari daerah lain di Indonesia. 


"Program Beasiswa NTB telah membuka tirai bagi para cendekia muda untuk melihat keluar dan membawa pengalaman-pengalaman yang ditimba untuk kembali membangun NTB," ungkap Dr AKA.


Ingatkan Sejarah Kepemudaan


Dalam sambutannya, Dr AKA juga mengingatkan tentang sejarah kepemudaan dan semangatnya membangun negeri ini. Hal ini penting untuk tetap merawat idealisme para aktivis kepemudaan.


"Dalam rangka merawat idealisme anak bangsa, atas nama bapak Gubernur saya mengingatkan kepada LMND untuk harus ingat sejarah perjuangan anak-anak muda dan mahasiswa sejak zaman perjuangan kemerdekaan, sampai kita merdeka hari ini, ingatlah bahwa andil besar pemuda dan mahasisw di negeri ini sangat besar dalam melahirkan organisasi modern yang juga membangun peradaban baru, cara baru dan bahkan membakar semangat pejuang bangsa ini untuk kemerdekaan dan kedaulatan Republik Indonesia," papar dia. 


Konferwil LMND NTB di Lombok Timur. 

Tahun 1908 lahir Budi Utomo, diikuti dengan lahirnya Syarikat Islam pada tahun 1911, lalu 1912 lahir pula Syarikat Dagang Islam dan Muhammadiyah,  perjuangan anak anak muda dan mahasiswa terus berjalan, dan kita tahu bahwa tahun 1926 lahir Nahdlatul Ulama, yang diikuti dengan sumpah Pemudah pada tahun 1928. 


Berikutnya 10 tahun  setelah berdirinya Nahdlatul Ulama, di Lombok Nusa Tenggara Barat lahir Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah pada tahun 1936 yang merupakan cikal bakal Nahdalatul Wathan. Dan anak-anak muda negeri ini tidak berhenti, mereka terus berjuang, sehingga kemerdekan kita raih pada tahun 1945 yang diproklamirkan oleh anak muda yang bernama Soekarno - Hatta.


Tidak sampai disitu peralihan kekuasaan pada tahun 1966 juga karena anak-anak muda dan mahsiswa yang kemudian lahirlah Orde Baru. 


"Idealisme para aktivis pejuang terus berjalan pula, seiring dengan perkembangan berbangsa dan bernegara kita, dan kita tahu pada tahun 1974 terjadi peristiwa malari yang digerakkan oleh pemuda dan mahasiswa, sampai kemudian pada masa reformasi yang menumbangkan Orde Baru pada 1998," ujarnya.


Perjuangan itu terus berlanjut sampai hari ini dengan harapan keadilan, kesejahteraan dan kesetaraan bisa terwujud di Negara tercinta ini.


"Karenanya atas nama Bapak Gubernur, pada kesempatan ini saya sampaikan apresiasi Pemprov NTB kepada LMND yang juga telah merawat Idealisme anak-anak muda dan mahasiswa NTB. Selamat ber- Konferwil dan LMND NTB bisa mendapatkan Ketua yang terbaik," pungkas Dr AKA. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dr Ahsanul Khalik : Pemuda NTB Harus Mampu Bersaing di Kancah Nasional, Global !!

Trending Now

Iklan