Iklan BNS

Balai TNGR Memberikan Pelatihan Pengembangan Eko Wisata Kepada Pokdarwis

Rosyidin
Jumat, November 11, 2022 | 08.51 WIB
Peserta pelatihan foto bareng bersama dengan pemateri dan panitia. 

MANDALIKAPOST.com - Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pelayanan pengunjung yang aman dan nyaman dalam pendakian kelas dunia, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) meberikan pelatihan pengembangan Eko Wisata, berlangsung di Pondok Senaru, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). 


Giat itu di ikuti sebanyak 30 orang peserta, berasal dari anggota Pokdarwis Lembah Penimbungan Torean, Porter dan Guide Senaru, Senanga, Sembalun, Timbanuh, Tetebatu dan Aik Berik, sejak 1 November 2022 belum lama ini. 


Pemateri pengembangan Eko Wisata Lingkup TNGR, dikutip dari akun Instagram resmi Balai TNGR, @btn_gn_rinjani yakni, dari Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB, STP Mataram, Market Online, Geopark Rinjani Lombok, KUN Humanity System+, APGI NTB, Forum Citra Wisata Rinjani dan Balai TNGR. 


Kegiatan ini dirangkaikan dengan kegiatan penandatanganan kesepakatan konservasi antara Balai TN Gunung Rinjani dengan pemerintah desa lingkar Rinjani yaitu Desa Senaru, Desa Loloan dan Desa Sajang.


Melalui kesepakatan konservasi tersebut, pemerintah desa berkomitmen untuk ikut serta melestarikan kawasan TNGR 


Rangkaian kegiatan lainnya adalah penyerahan bantuan pengembangan ekowisata berupa uang tunai kepada Pokdarwis Lembah Penimbungan, Dusun Torean, Desa Loloan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.


Bantuan ini menjadi salah satu dukungan dari Balai TNGR untuk pengembangan ekowisata desa guna peningkatan kesejahteraan masyarakat lingkar Rinjani.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Balai TNGR Memberikan Pelatihan Pengembangan Eko Wisata Kepada Pokdarwis

Trending Now

Iklan