Iklan BNS

Gelar Career Expo, Poltekpar Lombok Menyediakan 490 Peluang Kerja untuk Masyarakat NTB

Ariyati Astini
Selasa, November 15, 2022 | 16.17 WIB

 

Pembantu Direktur Bidang Akademik, Poltekpar Lombok, Amirosa Ria Satiadji Saat Sambutan di Acara Career Expo




MANDALIKAPOST.com-Poltekpar Lombok kini kembali menggelar Career Expo selama dua hari, mulai tanggal 15- 16 November 2022 dengan tema “Kompetitive Advantage Future”, di de Balen Soultan Hotel Poltekpar Lombok. 


Career Expo 2022 ini diikuti 20 exhibitor yang menyediakan peluang kerja untuk 500 orang bagi alumni Poltekpar Lombok dan masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB).


Adapun exhibitor yang menyediakan peluang kerja itu yakni, Equinox Bahari Utama, Qukerja Indonesia, Placement Internasional, Timuraya Jaya Lestari, Aston inn Mataram, Aruna Senggigi, Resort & Convention,Truntum Boutique Mandalika, Selong Selo Resort & Residences, Amber Lombok Beach Resort by Cross Collection/Origin Lombok, Pullman Lombok Mandalika Beach Resort, Prime Park Hotel & Convention Lombok, Somewhere Lombok, ILLIRA Lite Hotel, NIEC, Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta, Poltekpar Bali, Samalas, Purnama Lamp and handycraft dan LIM & Samalas.


Melalui Career Expo ini, para alumni Poltekpar Lombok dan masyarakat NTB bisa mengambil peluang untuk bidang industri perhotelan sebanyak 40 orang, ke Timur Tengah, Hungaria sebanyak 450 orang di industri café dan hotel. Di Kapal pesiar/cruise line sebanyak 50 orang, penempatan kapal pesiar Amerika dan Eropa 


Pembantu Direktur Bidang Akademik, Poltekpar Lombok, Amirosa Ria Satiadji menyampaikan, Poltekpar Lombok ini merupakan salah satu dari 6 Poltekpar dibawah Kemenparekraf. Meskipun baru berusia 6 tahun, Poltekpar Lombok terus melakukan terobosan mempersiapkan SDM unggul siap bekerja.


“Kebutuhan SDM sektor industri cukup banyak, sementara mahasiswa Poltekpar Lombok butuh pekerjaan begitu lulus. Disamping itu, pak Menteri ingin lulusan Poltekpar bisa berjaya di dunia pariwisata internasional,” paparnya saat memberikan sambutan pada  pembukaan Career Expo 2022, Selasa 15 November 2022.


Kepada para exhibitor yang hadir, Amirosa  meminta untuk mengakomodir para pencari kerja terutama lulusan Poltekpar Lombok dan Mahasiswa Poltekpar Lombok agar mampu berkontribusi bagi Indonesia dan dunia luar.


“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah, yang terus mensuport kegiatan di Poltekpar Lombok,” ujarnya.


Career expo ini tidak hanya dihajatkan untuk alumni Poltekpar Lombok, melainkan terbuka untuk umum. Sehingga, bagi masyarakat yang berminat di persilahkan datang melihat peluang kerja.


Kapusbang SDM Kemenparekraf, Faishal, yang membuka kegiatan Career Expo secara daring menegaskan, isu yang terus menjadi perhatian pak Menteri, yakni akselerasi pembukaan lapangan kerja sebanyak 1,1 juta lapangan kerja di tahun 2022.


Oleh karena itu, hadirnya career expo ini untuk terus mampu dirasakan manfaatnya oleh Alumni Poltekpar dan benar-benar menjadi bagian pertumbuhan ekonomi kreatif.


“Saya berharap Poltekpar mejadi pasar kerja ekonomi kreatif di NTB, terus sinergikan, kolaborasi bagaimana Kampus penyedia SDM unggul, berkualitas, berdaya saing dan profesional. Harus mampu menghadirkan solusi nyata, menjadi bagian bang kompetensi SDM unggul,” pesannya.


Chief Partner Official PT Qukerja Indonesia, Abdul Razak mengungkapkan  alasan bekerjasama dengan Poltekpar Lombok dalam career expo ini, dimana menurutnya alumni Poltekpar Lombok sudah terdidik, terlatih dan terampil.


“Kami buka peluang kerja Pekerjaan Migran Indonesia (PMI) bidang Hospitality, membutuhkan sebanyak 1700 orang. Kami juga menjajaki Poltekpar Bali, Palembang dan Medan,” tuturnya.


Terkait persyaratan, dari segi kompetensi dan bahasa, Poltekpar Lombok dirasa paling tepat untuk mengambil pekerja. Peluang pekerjaan  juga diberikan kepada vokasional lulusan SMK untuk jabatan tertentu, karena lulusan SMK juga sudah dilatih mengenai keahlian.


General Manager Truntum Boutique Mandalika, Rahma F. D Putri, berterima kasih bisa bergabung di career expo ini. Ia mengatakan saat ini pihaknya  membutuhkan pekerja. Bahkan, saat ini perusahaannya memberikan kesempatan bekerja terhadap Mahasiswa/Mahasiswi Poltekpar yang masih kuliah dengan cara mengatur jam masuk kerja.


“Intinya kualifikasi alumni Poltekpar Lombok sudah tertuji dan siap diterima bekerja di tempat kami. Saat ini saja, sebanyak 5 orang alumni Poltekpar Lombok bekerja di tempat kami, 2 orang masih kuliah, tapi begitu lulus, siap kami akomodir,” pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Career Expo, Poltekpar Lombok Menyediakan 490 Peluang Kerja untuk Masyarakat NTB

Trending Now

Iklan