Kado Istimewa akhir Tahun Migrant Day Bagi Para PMI, BP2MI Luncurkan Fasilitas VVIP di Lima Bandara Secara Serentak

Ariyati Astini
Rabu, Desember 14, 2022 | 19.53 WIB


Peresmian Fasilitas Lounge Di Lima Kote Serntak Yang di Hadori Oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah di Bandara Zainul Abdul Majid Lombok





MANDALIKAPOST.com– Sebagai salah satu perwujudan sembilan program prioritas dan upaya menjadikan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebagai warga negara VVIP (Very Very Important Person), Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan fasilitas lounge, help desk, dan fast track (jalur cepat keimigrasian) di lima bandara internasional secara serentak, Rabu (14/12/2022).


Lima bandara tersebut yakni Bandara Internasional Juanda – Jawa Timur, Bandara Internasional Ahmad Yani – Jawa Tengah, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Bandara Internasional Lombok – Nusa Tenggara Barat, dan Bandara Internasional Kualanamu – Sumatera Utara. Kelima bandara tersebut dipilih karena lokasinya yang strategis pada kantong-kantong PMI.


Momentum peluncuran fasilitas VVIP bagi PMI di lima bandara ini adalah salah satu kado bagi para PMI dalam rangka peringatan Hari Pekerja Migran Internasional yang akan jatuh pada 18 Desember 2022. Tahun ini, BP2MI mengusung tema “Pekerja Migran Bermartabat, Negara Berdaulat”.


Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, yang hadir secara langsung pada peresmian di Bandara Internasional Juanda – Jawa Timur menyampaikan, fasilitas VVIP di lima bandara adalah keberlanjutan dari lounge, help desk, dan fast track yang telah dibangun di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang dan diresmikan pada Desember 2020.


“Fasilitas VVIP yang dihadirkan di lima bandara adalah wujud keberpihakan negara. Selain itu, ini adalah bentuk penghormatan dan pelayanan BP2MI kepada para PMI sebagai pahlawan devisa yang telah rela berkorban demi kesejahteraannya dan keluarga,” ujar Benny.


Kepala Biro SDM dan Organisasi BP2MI Dr Servulus Boboriti mengutarakan, fasilitas istimewa yang disediakan khusus bagi PMI ini adalah hasil sinergi yang baik antara BP2MI, BUMN, Pemerintah Daerah, dan berbagai stakeholders terkait.


“Saya harap kita dapat terus bekerja sama dalam mewujudkan kesejahteraan PMI dan keluarganya. Saya sangat bangga melihat bangsa Indonesia bisa naik kelas dengan memberikan perlakuan spesial bagi para pekerja migran. Selama kita berani bermimpi dan berani mengeksekusi, semua yang kita harapkan bagi PMI akan terwujud,” ujar Servulus .


Sementara Itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah Saat sambutannya mengutarakan, kerja sama yang begitu baik antara BP2MI dengan Pemerintah Daerah dan stakeholders terkait semata-mata bertujuan untuk pelindungan PMI yang utuh, mulai dari berangkat ke negara penempatan hingga kembali ke daerah asal. “Ini Bagus ,saya kira BP2MI sangat luar biasa dan ini hebat untuk NTB,kita patut berbangga"ujar Gubernur NTB


Gubernur Zulkieflimanayah menegaskan selain Fasilitas yang sudah bagus akan lebih baik jika pelayanan juga di tingkatkan.Fasilitas boleh bagus ,tetapi pelayanannya harus bagus  "jangan sampai fasilitas bagus tapi kita melayaninya gak bagus"kata Gubernur


Fasilitas VVIP yang telah diresmikan yakni lounge PMI, yaitu fasilitas ruang tunggu bagi PMI dan keluarganya yang nyaman guna menunggu waktu keberangkatan atau kepulangan PMI dari luar negeri. Selanjutnya, tersedia fast track untuk kelancaran proses keimigrasian PMI, dan help desk yang menyediakan informasi, advokasi, pendataan, dan pemulangan PMI Terkendala. * 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kado Istimewa akhir Tahun Migrant Day Bagi Para PMI, BP2MI Luncurkan Fasilitas VVIP di Lima Bandara Secara Serentak

Trending Now