Iklan BNS

RSUD NTB Jadi Rumah Sakit Rujukan Bedah Jantung Pertama di Wilayah Indonesia Timur

Ariyati Astini
Jumat, Desember 16, 2022 | 20.08 WIB

 

Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB bersama Pusat Jantung Nasional Harapan Kita menggelar Press Conference operasi bedah jantung terbuka perdana jejaring pengampuan layanan kardiovaskular, Jum'at (16/12/2022) di Aula Prof. Soewignjo.









MANDALIKAPOST.com - Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB bersama Pusat Jantung Nasional Harapan Kita menggelar Press Conference operasi bedah jantung terbuka perdana jejaring pengampuan layanan kardiovaskular, Jum'at (16/12/2022) di Aula Prof. Soewignjo.


Dr. dr. Hananto Andriantoro, SP.JP(K) selaku Ketua Tim Pengampu Layananan Kardiovaskuler mengatakan operasi bedah jantung terbuka ini merupakan yang pertama dilakukan di wilayah Indonesia bagian timur yang.


Selain itu, ia juga menambahkan bahwa di NTB sebanyak 50.000 pasien yang menderita penyakit jantung dan RSUD telah mempersiapkan semuanya untuk bisa terakreditasi menjadi type utama.


"Dengan ini RSUD NTB menjadi satu satunya rumah sakit rujukan untuk bedah jantung terbuka di wilayah Indonesia bagian timur," ujarnya.


Sementara itu, Direktur RSUD NTB dr. H. Lalu Herman Mahaputra, M.Kes, MH mengatakan bahwa ini merupakan kado terindah yang didapatkan Provinsi Nusa Tenggara Barat saat HUT ke-64.


"Sangat spesial, ini adalah kado terindah kami, khususnya NTB di hari jadinya yang ke-64," ujarnya saat Press Conference, Jum'at (16/12/2022).


Lebih lagi, Dr Jack sapaannya juga menjelaskan bahwa saat ini pihaknya telah memiliki 7 orang spesialis guna menangani penyakit jantung di NTB.


"Pasien rujukan bukan hanya dari Indonesia bagian timur saja , misalnya ketika di Bali nanti banyak pasien yang antri bisa dirujuk ke RSUD NTB juga," imbuhnya kepada wartawan.


Mengingat angka kematian akibat penyakit jantung ini sangat banyak, bahkan menjadi penyebab kematian terbesar di dunia, Direktur RSUD NTB juga menambahkan bahwa dengan adanya layanan bedah jantung di rumah sakit ini bisa menekan angka kematian tersebut.


Lebih lanjut, Dr. Jack juga akan berupaya untuk melakukan pengampuan kepada rumah sakit di luar Lombok guna meningkatkan type akreditasinya.


"Kedepannya kita akan berupaya membantu merubah/meningkatkan type rumah sakit yang ada di luar Lombok agar masyarakat NTB bisa menikmati layanan penyakit jantung ini," tutupnya

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • RSUD NTB Jadi Rumah Sakit Rujukan Bedah Jantung Pertama di Wilayah Indonesia Timur

Trending Now

Iklan