Kapolsek Sembalun Gelar Patroli Gabung Pengamanan Malam Takbiran Idul Fitri 1444 H

Rosyidin
Sabtu, April 22, 2023 | 00.44 WIB
Tim patroli gabungan melakukan pengamanan malam takbiran Idul Fitri 1 Syawal 1444 H. (Foto: Rosyidin/MP). 

MANDALIKAPOST.com - Dalam rangka terciptanya kondisi wilayah yang aman dan kondusif, Polsek Sembalun dan Koramil tingkatkan sinergitas dalam melakukan patroli bersama di wilayah hukum Polsek Sembalun Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Jumat (21/04).


Kapolres Lombok Timur AKBP Hery Indra Cahyono SH, S.I.K, M.H melalui Kapolsek Mantangai AKP Wahyu Indrawan S.Sos mengatakan, dari hasil anef istilah GKTM atau gangguan kemanan dan ketertiban masyarakat bahwa di seputaran wilayah hukum Polsek Sembalun secara umum memang kondusif, aman terkendali.


Untuk mengantisipasi hal tersebut sinergitas Polri - TNI Koramil dan forkopimcam Sembalun melakukan patroli gabungan di tempat-tempat keramaian dan tempat vital serta tempat ibadah, yang harus selalu di kontrol guna memastikan keamanannya, serta jalan-jalan yang di anggap rawan akan keributan.


"Kalau kita perhatikan wilayah kita ini semakin hari semakin maju dri sisi pariwisatanya. Kita tidak mau tetcoreng karena ada keributan-keributan kecil yang nota bene nya diakibatkan miras,  makaknya kami sepakat untuk memberantas yang namanya miras," terang Wahyu.


Menurutnya miras tersebut, memicu dari segala keributan dan kejahatan liannya. Itulah kenapa di  malam kemenangan (lebaran) ini pihaknya bersama forkopimcam Sembalun menggelar patroli gabungan dibantu masyarakat setempat.


"Dengan kita melaksanakan patroli gabungan seperti ini, akan menimbulkan rasa aman dan nyaman di lingkungan masyarakat di wilayah hukum Polsek Sembalun," ujarnya.


Kegiatan ini, kata Wahyu lebih lanjut menerjunkan Berapa Personil Polsek Sembalun bersama anggota Koramil, Satpol PP dan anggota Dishub Lotim. Patroli gabungan ini juga bertujuan untuk, menciptakan kondisi yang aman dan kondusif terhadap aktivitas masyarakat di wilayah hukum Polsek Sembalun dengan harapan di Bulan Suci Ramadhan jelang hari raya idul Fitri tahun ini tidak ada tindak kejahatan dan gangguan kamtibmas di tengah masyarakat.


Selain itu sambungnya, sesuai dengan rencana pengamanan yang sudah dilaporkan ke Polres Lotim. Bahwa dimalam takbiran ini akan mengamankan kegiatan takbiran di dua desa yakni, desa Sajang dan desa Bilok Petung.


"Kebetulan dari enam desa yang ada di Sembalun ini, hany dua desa yang melaksanakan takbiran keliling. Kami sifatnya mobailing ditempat itu, tidak staitis jadi muter-muter bersama pak Camat selanjutnya keliling di empat desa," ujarnya.


Pihaknya juga berhasil menyita miras sebanyak 30 liter lebih serta mengamankan pemiliknya (penjual) di Polsek Sembalun, untuk dimintai keterangan dan akan ditindak lanjuti.


Hal itu berdasarkan informasi yang di dapatkan dari masyarakat, lalu ia menginstruksikan anggotanya untuk ditindaklanjuti. Terbukti dengan laporan tersebut, dua orang berhasil diamankan di Polsek beserta barang buktinya yakni miras jenis tuak. 


"Alhamdulillah, dengan bantuan rekan-rekan di lapangan bersama masyarakat dan babinkamtibmas. Kami berhasil mengamankan dua orang beserta barang buktinya untuk kami mintai keterangan," ungkap Wahyu.


"Paling tidak, ini bentuk pencegahan kami untuk mengamankan wilayah kami. Dan kami akan proses lebih lanjut, menjadi contoh masyarakat yang lain agar tidak melakukan hal yang sama," tutupnya. 


 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolsek Sembalun Gelar Patroli Gabung Pengamanan Malam Takbiran Idul Fitri 1444 H

Trending Now