PC Muhammdiyah Sembalun Gelar Shalat Idul Fitri di Lapangan Masjid Al-Furqan

Rosyidin
Jumat, April 21, 2023 | 19.50 WIB
Keluarga besar PC Muhammdiyah Sembalun, gelar shalat Idul Fitri 1444 H di lapangan masjid Al-Furqan Sembalun. (Foto: Rosyidin/MP). 


MANDALIKAPOST.com - Pimpinan Cabang atau PC Muhammadiyah Sembalun menggelar shalat Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi di lapangan masjid Al-Furqan desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. 


Ratusan jamaah memadati lapangan masjid Al-Furqan sejak pagi hari. Terlihat juga beberapa 

tokoh masyarakat seperti, Kepala Desa Sembalun Lawang, mantan Camat Sembalun dan mantan DPRD Tingkat II priode 2014-2019 ikut melaksanakan ibadah Shalat Idul Fitri tersebut.


Yang bertindak sebagai Imam Shalat Id di lapangan itu, dipimpin oleh ustadz Jundi sekaligus bertindak sebagai khatib. 


Diketahui, pelaksanaan shalat Idul Fitri 1444 H PC Muhammadiyah Sembalun berdasarkan dengan penetapan Pimpinan Pusat atau PP Muhammadiyah.


Hal tersebut juga sesuai dengan Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H.


"Umumnya kita di Indonesia ini menggunakan dua metode Hisab dan Ruq'yah, sesuai dengan perhitungan hisab tersebut. Kita khsususnya warga Muhammdiyah hari ini melaksanakan shalat Idul Fitri," Terang Haji Minardi, Ketua PC Muhammdiyah Sembalun, saat dikonfirmasi media ini. Jumat (21/4).


Dalam rangka pelaksanaan shalat Idul Fitri, lanjut Minardi diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing wilayah dan cabang. Terutama cabang Muhammdiyah Sembalun jauh hari sebelum hari H sudah melakukan musyawarah dengan pengurus cabang dan beberapa masyarakat untuk menentukan tempat.


"Hasil musyawarah kita itu, kita tentukan tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri di dua tempat. Yakni, di masjid Al-Furqan dan Ponpes Almahadul Islami Sembalun," katanya. 


Meski demikian ia berharap dan mengimbau kepada warga Muhammdiyah dan masyarakat yang lebaran hari ini maupun besok untuk saling menghormati dan menghargai satu dengan yang lain.


"Mari kita junjung tinggi perbedaan itu dengan cara saling menghargai, menghormati. Dan kita menghimbau kepada keluarga besar serikat kita untuk, tidak perlu silaturahmi secara terbuka seperti biasa," tutup Minardi. 




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PC Muhammdiyah Sembalun Gelar Shalat Idul Fitri di Lapangan Masjid Al-Furqan

Trending Now