Indeks Data Sektoral di Atas Rerata Nasional, NTB Satu Data jadi Contoh Provinsi Lain

MandalikaPost.com
Jumat, Mei 26, 2023 | 11.59 WIB
Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos, MM.


MANDALIKAPOST.com - Pemerintah Provinsi NTB melalui Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos, MM menyampaikan bahwa Indeks Pembangunan Data Sektoral NTB diatas rata-rata nasional, ini bisa menjadi contoh baik bagi Provinsi lain di Indonesia.


Penegasan itu disampaikan Doktor Najam sapaan akrab Kadiskominfotik ini  pada rapat perencanaan data di Meeting Room Nirwana Water Park, Kamis (25/05/2023).



"Kemarin NTB itu berada pada angka 47.69 persen sedangkan nasional itu berada pada angka 34.17 persen," jelas Kadis Kominfotik.



Berdasarkan assesment awal bersama BPS dan Forum SDI Bappennas yang dilakukan pada tahun 2021, salah satu Pemerintah Provinsi yang sudah cukup baik dalam pembangunan statistik adalah Pemerintah Provinsi NTB.


"Itu terbukti dari kelengkapan kebutuhan penyelenggaraan statistik baik NTB Satu Data dimasukkan ke dalam RPJMD Provinsi NTB, Pergub dan regulasi pendukung telah tersedia dan portal data telah terintegrasi dengan portal data nasional," sambung Dr. Najam.


Menurutnya, hal tersebut mendukung tingkat kematangan NTB Satu Data yang relatif tinggi dibanding rata-rata nasional. 


Dikatakan, capaian NTB Satu Data selama ini tidak terlepas dari dukungan produsen data dalam menyediakan data yang berguna bagi berbagai kalangan, seperti mahasiswa, NGO/LSM, periset bahkan pimpinan di lingkup Pemerintah Provinsi NTB.


“Selain itu, Diskominfotik Provinsi NTB juga berkoordinasi dengan Diskominfo Kabupaten/Kota untuk mendorong capaian penyelenggaraan kegiatan statistik di seluruh Pemda di Provinsi NTB,” ujarnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Indeks Data Sektoral di Atas Rerata Nasional, NTB Satu Data jadi Contoh Provinsi Lain

Trending Now