Nanang Samodra : Kekuatan Kita ada di Sektor Pertanian !!

MandalikaPost.com
Sabtu, Mei 27, 2023 | Mei 27, 2023 WIB Last Updated 2023-05-27T05:45:54Z

Anggota Komisi VIII DPR RI, Ir. H. Nanang Samodra KA., M.Sc., saat kunjungan kerja di Kabupaten Lombok Barat. 


MANDALIKAPOST.com - Program bantuan ternak yang disalurkan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Komisi VIII DPR RI di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2023 ini menjadi role model di Indonesia.


BPKH menilai bantuan ternak cukup efektif untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Program ini pun akan dilakukan secara berkesinambungan ke depan.


"Alhamdulillah apa yang kita lakukan di Lombok, NTB ini akhirnya menjadi role model nasional," kata Anggota Komisi VIII DPR RI, Ir. H. Nanang Samodra KA., M.Sc., Jumat 26 Mei 2023 di Mataram.


Anggota Komisi VIII DPR RI, Ir. H. Nanang Samodra KA., M.Sc., menyerahkan bantuan ternak Sapi program pemberdayaan BPKH kepada kelompok petani peternak di Kabupaten Lombok Barat.

Pada awal Maret 2023 lalu, Nanang Samodra bersama pejabat perwakilan BPKH menyalurkan sekitar 168 ekor ternak Sapi untuk 21 kelompok petani peternak di empat Kabupaten di Pulau Lombok, NTB.


Polanya penggemukan. Untuk mendampingi para peternak, program ini juga menyertakan konsultan dari swasta.


"Polanya penggemukan, sehingga bantuan Sapi jantan. Tiap kelompok dapat 8 ekor. Nantinya kalau sudah siap jual mereka bisa menjual untuk keperluan, kemudian membeli bibit lagi yang penting jumlah tetap 8 ekor," kata Nanang.


Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, program ini diusulkan pada 2022. Saat itu Komisi VIII DPR RI mendapat alokasi dana pemberdayaan masyarakat dari BPKH. Sebagai perwakilan rakyat dari dapil Lombok NTB, Nanang pun mengusulkan untuk program bantuan ternak. Hal itu pun bisa terealisasi Maret tahun ini.


Menurut Nanang, pendekatan di sektor pertanian secara luas termasuk peternakan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, di NTB maupun secara nasional.


Mantan Sekda NTB di era 2000-an ini menekankan, sektor pertanian masih menjadi andalan dan kekuatan ekonomi masyarakat.


"Meski saya ini lulusan teknik, tapi jiwa saya pertanian. Saya rasa pertanian dalam arti luas adalah kekuatan kita. Bantuan ternak ini efektif, karena masyarakat kita terutama di pedesaan masih terbatas skill," katanya.


Selain itu, beternak juga merupakan budaya agraris yang sudah terbukti sekian lama menjadi penggerak ekonomi masyarakat di pedesaan.


Anggota Komisi VIII DPR RI, Ir. H. Nanang Samodra KA., M.Sc.

Ir. H. Nanang Samodra KS., M.Sc., sudah dua periode menjabat DPR RI. Dalam Pileg kali ini, incumbent dari Partai berlambang Mercy ini kembali berikhtiar maju melalui Dapil Lombok. 


Nanang mengatakan, ikhtiarnya memperjuangkan aspirasi masyarakat Lombok, NTB akan tetap terfokus pada peningkatan daya saing dan ekonnomi kemasyarakatan melalui sektor pertanian secara luas.


"Menurut saya, kekuatan kita ada di sektor pertanian. Sehingga untuk pemberdayaan masyarakat sektor ini yang kami dorong. Jeruti Arak Telu, Bukti Sak Perlu," ujarnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Nanang Samodra : Kekuatan Kita ada di Sektor Pertanian !!

Trending Now