Program 1000 Cendekia, Gubernur NTB Dinilai Visioner

MandalikaPost.com
Sabtu, Mei 27, 2023 | 11.10 WIB
Anggota DPR RI, Ir. H. Nanang Samodra KA., MS.c.

MANDALIKAPOST.com - Program 1000 Cendekia NTB Gemilang yang digagas Pemprov NTB dibawah kepemimpinan Gubernur Dr H Zulkieflimansyah dan Wagub Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah dinilai berhasil dan mengubah mindset pendidikan di daerah ini.


Untuk program unggulan daerah berskema beasiswa pendidikan ini, Gubernur Zulkieflimansyah pun diapresiasi sebagai pemimpin yang visioner.


"Memang ada lebih dan kurang ya di tiap kepemimpinan. Tapi, untuk program beasiswa ini, pak Gubernur (Zulkieflimansyah) memang visioner. Saya lihat sendiri (program) beasiswa daerah ini jadi ikon di luar negeri," kata Anggota DPR RI, Ir H Nanang Samodra, Jumat 26 Mei 2023 di Mataram.


Nanang Samodra yang juga mantan Sekda NTB ini mengaku bangga dan senang, saat tahun lalu ada kunjungan kerja ke Kota Praha, ibukota Republik Ceko.


Di kantor Kedubes RI di Praha, Nanang bersama beberapa anggota DPR RI lainnya berkesempatan bertemu dengan perwakilan anggota Persatuan Pelajar Indonesia (PPI). 


"Di kantor Kedubes saat pertemuan dengan PPI, itu saya temukan ada 7 mahaswi ya, cewek semua dari NTB yang dapat beasiswa daerah. Jadi bangga ya, karena saya juga didaulat berbicara. Jadi beleq otak (bangga, red) kita dari NTB," ujarnya.


Menurut Nanang, biaya hidup di Praha memang cenderung lebih murah dibanding negara eropa lainnya. Namun untuk kualitas pendidikan memang bukan kaleng-kaleng.


Ia berharap, para awardee program beasiswa daerah luar negeri ini, kelak bisa sukses berkarir dan bisa kembali ke daerah untuk bersama da berkontibusi membangun NTB yang lebih berdaya saing.


Nanang mengatakan, pendidikan memang menjadi pondasi pembangunan SDM suatu daerah. Dalam hal ini, program 1000 cendekia NTB Gemilang dinilai cukup strategis, terutama dalam membuka kesempatan pendidikan bagi generasi muda NTB.


"Karena nggak semua orang bisa mengeyam pendidikan tinggi, ada banyak faktor termasuk ekonomi. Nah disinilah Pemda mengambil peran memberi kesempatan itu. Saya pikir ini visioner," tukasnya.


Seperti diketahui, program 1000 Cendikia NTB Gemilang saat ini sudah memenuhi targetnya mengirmkan 1000 pemuda NTB mengenyam pendidikan tinggi di luar daerah dan di luar negeri.


Pada Senin 20 Maret 2023, puncak Gebyar Beasiswa NTB digelar di Lapangan Bumi Gora, kantor Gubernur NTB untuk menandai momentum tersebut.


Melalui program ini, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah menjadikan generasi muda NTB lebih percaya diri untuk menuntut ilmu setinggi - tingginya dan berwawasan global.


Bang Zul sapaan Gubernur NTB mengatakan sangat senang melihat semangat anak - anak muda yang ingin melanjutkan pendidikannya.


"Luar biasa bahagia melihat semangat anak - anak muda kita semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," ujar Bang Zul saat memberikan sambutan dalam acara Jumpa Bang Zul dan Ummi Rohmi bertajuk "Gebyar Beasiswa NTB" di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Senin 20 Maret 2023.


Bang Zul juga berharap agar beasiswa NTB dapat terus berlanjut, sehingga memberikan wadah bagi anak - anak NTB melanjutkan pendidikannya. 


"Kedepan, kita ingin beasiswa NTB ini harus ada, siapapun Gubernur nya mendatang tetap akan menghadirkan beasiswa NTB," kata Bang Zul.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Program 1000 Cendekia, Gubernur NTB Dinilai Visioner

Trending Now