Hadiri MPLS SMAN 2, Kapolsek Narmada Sampaikan Materi Wawasan Kebangsaan

MandalikaPost.com
Sabtu, Juli 15, 2023 | Juli 15, 2023 WIB Last Updated 2023-07-15T06:30:21Z

Kapolsek Narmada, Kompol Kadek Metria S.Sos, SH, MH menjadi narasumber dalam rangka Pembukaan Masa Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 2 Narmada Jalan Ahmad Yani Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat.

MANDALIKAPOST.com - Kapolsek Narmada, Kompol Kadek Metria S.Sos, SH, MH menjadi narasumber dalam rangka Pembukaan Masa Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 2 Narmada Jalan Ahmad Yani Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat, Sabtu, (15/07/2023)


Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Narmada Drs Zulkarnaen, Wakil Humas SMAN 2 Narmada SULHAN Spd., Wakil Kesiswaan SMAN 2 Narmada H. Patmah Mpd, Kanit Binmas IPTU M. Gufron, Panit I Binmas Aiptu I Made Kukuh Renada, S. Fil , Para Guru SMAN 2 Narmada dan Seluruh Siswa Baru yg berjumlah 130 Orang.


Kapolresta Mataram melalui Kapolsek Narmada Kompol Kadek Metria S.Sos. SH  MH mengatakan bahwa menjadi narasumber dalam kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di SMA Negeri 2 Narmada merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk memberikan pengetahuan kepada para siswa.


" Seperti Kesadaran Berbangsa dan Bernegara yang mempunyai makna bahwa setiap orang yang hidup dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus mempunyai sikap dan perilaku yang dilandasasi keikhlasan dalam bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia ", kata Kompol Kadek


Kita harus mempunyai sikap dan perilaku yang dilandasasi keikhlasan dalam bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia, tambahnya 


Kapolsek juga menjelaskan bahwa berbagai masalah yang berkaitan dengan kesadaran berbangsa dan bernegara sebaiknya mendapat perhatian dan tanggung jawab kita semua. 


Sehingga amanat pada UUD 1945 untuk menjaga dan memelihara Negara Kesatuan wilayah Republik Indonesia serta kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan, para pemuda telah melakukan langkah langkah dalam melakukan bela negara.


Kesadaran bela negara adalah dimana kita berupaya untuk mempertahankan negara dari ancaman yang dapat mengganggu kelangsungan hidup bermasyarakat yang berdasarkan atas cinta tanah air, jelasnya 


Kesadaran bela negara juga dapat menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme di dalam diri masyarakat. Upaya bela negara selain sebagai kewajiban dasar juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, penuh tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa, imbuhnya 


Keikutsertaan kita terutama siswa-siswi di SMAN 2 Narmada ini dalam bela negara merupakan bentuk cinta terhadap tanah air kita, tandasnya 


Kemudian Kanit Binmas Iptu M. Gufron juga menyampaikan bahwa pengertian sadar berbangsa dan bernegara merupakan salah satu sikap dan tingkah laku yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan selalu mengaitkan dirinya dengan cita-cita serta tujuan bangsa Indonesia.


"Kesadaran berbangsa dan bernegara ini perlu kita tanamkan dari masih kecil, yakni sejak masih di bangku sekolah dasar. Sebab, kesadaran tersebut perlu ditanamkan di tengah derasnya pengaruh globalisasi dan juga modernisasi yang tidak dapat dihindarkan,"ucapnya.


Pihaknya berharap supaya tumbuh sikap sadar berbangsa dan bernegara, secara rutin kita perlu melakukan berbagai macam kegiatan bersama dengan anggota pelajar dan juga siswa, serta masyarakat.


"Cara untuk menumbuhkan sikap sadar berbangsa dan bernegara, antara lain aktif untuk mengikuti gerakan Pramuka, mengembangkan wawasan Nusantara dan Donor darah sebagai sikap rela berkorban begitupun sikap sadar berbangsa dan bernegara yang dapat kita jumpai di kehidupan sehari-hari", terangnya. 


Seperti nenghargai pendapat orang lain, nenjaga nama baik, selalu menjalankan Kewajiban, mengamalkan Nilai nilai Pancasila, eninggkatkan semangan Bhineka Tinggal Ika, menjalani Kegiduapan berbangsa dan bernegara sesuai UUD 1945, melaksanakan Usaha Pertahanan Negara Sikap Gotong Royong, Sikap Gotong Royong, Saling menghormati Perbedaan dan menampilkan Rasa Bangga terhadap NKRI.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hadiri MPLS SMAN 2, Kapolsek Narmada Sampaikan Materi Wawasan Kebangsaan

Trending Now

Iklan