HBK Serahkan Bantuan Rp100 Juta Untuk UMKM Madu Trigona Bengkaung

MandalikaPost.com
Sabtu, Juli 15, 2023 | Juli 15, 2023 WIB Last Updated 2023-07-15T06:39:21Z
HBK Serahkan Bantuan Rp100 Juta Untuk UMKM Madu Trigona Bengkaung.


MANDALIKAPOST.com - Anggota DPR RI dari Dapil NTB 2/P. Lombok, H. Bambang Kristiono, SE (HBK), menyalurkam bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada kelompok pembudidaya madu trigona Banuwara Bersatu, di Desa Bengkaung, Kab. Lombok Barat.



Kedatangan HBK yang didampingi langsung oleh istri tercinta, Hj. Dian A. Kristiono dan putrinya, Rannya Agustyra Kristiono menjadi momen yang sangat spesial bagi para pembudidaya yang banyak berasal dari kaum millenial. Hadir pula mendampingi HBK, Ketua DPC Partai Gerindra Kab. Lombok Barat, Nauvar F. Farinduan, dan Ketua DPRD Kab. Lombok Barat Hj. Nurhidayah.


HBK Serahkan Bantuan Rp100 Juta Untuk UMKM Madu Trigona Bengkaung.

Dalam sambutannya, HBK mengatakan, bantuan yang diberikan yang jumlahnya sebesar Rp 100 juta tersebut merupakan realisasi, dan jawaban dari aspirasi warga yang disampaikannya langsung pada saat kunjungan resesnya beberapa waktu yang lalu.


“Bantuan ini adalah program aspirasi, yang berhasil saya perjuangkan di gedung DPR RI Senayan,” kata politisi Partai Gerindra ini, Jumat 14 Juli 2023. 



Selanjutnya HBK berharap, agar bantuan yang diberikan ini mampu meningkatkan produktifitas, kualitas dan kemanfaatan dalam upaya percepatan pengembangan pariwisata ekowisata madu trigona dan ekonomi masyarakat yang berbasis desa, serta mempertahankan kondisi lingkungan yang alami.



“Sebagai warga Kab. Lombok Barat, saya bangga dengan masyarakat Desa Bengkaung ini, yang telah mampu memanfaatkan potensi wilayahnya dengan maksimal, selain menjadi pusat wisata baru, juga menjadi pusat pengembangan ekowisata madu trigona,” ungkap HBK.


HBK Serahkan Bantuan Rp100 Juta Untuk UMKM Madu Trigona Bengkaung.


Bahkan informasi yang saya dengar, madu trigona ini berdasarkan hasil riset atau penelitan, mampu menjadi salah satu suplemen untuk mencegah stunting.



"Pernikahan dini, STUNTING, dan pemberdayaan perempuan adalah tiga isu yang akan ditawarkan Rannya, pada kampanye Pileg 2024", kata HBK sambil melirik putrinya dan terus mendapat applaus dari para millenial yang hadir dalam acara tersebut.



"Jadikan, jadikan, jadikan", sambut kaum millenial Desa Bengkaung antusias.



“Semoga nanti akan ada penelitian lebih lanjut, dan terus mampu dikembangkan potensinya sehingga budidaya madu trigona ini mampu menjadi alternatif dalam upaya kita bersama mengatasi stunting di NTB, saya katakan, stunting harus kita hentikan,” tegasnya.



Sementara itu, Rannya Agustrya Kristiono, yang diberikan kesempatan ayahnya untuk bicara mengatakan, bahwa beberapa waktu lalu Ia sempat mampir dan ikut langsung dalam proses panen madu trigona.



Kesempatan liburan kuliahnya pada pertengahan tahun lalu telah dimanfaatkannya untuk turun ke masyarakat dalam rangka mensosialisasikan klub sepak bola miliknya, yaitu Lombok Football Club (Lombok FC), dan sempat berinteraksi langsung dengan masyarakat Desa Bengkaung.



“Beberapa waktu lalu, usai acara bersama para pemuda pecinta sepak bola, saya mampir kesini atas undangan pak Imam, dan sempat ikut proses panen dan mengolah madu trigona, kemudian ikut juga mengemasnya dalam botol untuk dijual ke konsumen,” kata dara lulusan universitas di kota London, Inggris ini.



Pengalaman uniknya itu kemudia diceritakan kepada ayahnya, dan mengajaknya langsung untuk ikut mengunjungi para pembudidaya madu trigona ini.



“Alhamdulillah ya, pak HBK tertarik dan akhirnya sempat datang berkunjung kesini, dan hari ini beliau datang memberikan bantuannya yang berasal dari CSR BUMN sebesar Rp 100 juta. Tolong yang amanah yaa, dan manfaatkan sebaik-baiknya ya, untuk kesejahteraan masyarakat disini,” ungkap dara yang karib disapa mbak Rannya ini. 



Ketua kelompok UMKM Banuwara Bersatu, Imam Adzkar, menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan akan dipergunakan untuk pengembangan budidaya yang sudah berjalan selama ini seperti penambahan jumlah stup dan koloni lebah madu trigona, pembelian bibit tanaman produktif vegetasi lebah, serta pembangunan perluasan lahan tempat budidaya.



“Kami sangat berterima-kasih atas bantuan yang diberikan oleh pak HBK, ini merupakan bentuk komitmen beliau dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, semoga dihitung sebagai amal sholeh oleh Allah SWT. Kami bangga punya wakil rakyat yang sangat peduli seperti pak HBK, semoga pak HBK sehat selalu ya,” pungkas Imam dengan rasa haru.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HBK Serahkan Bantuan Rp100 Juta Untuk UMKM Madu Trigona Bengkaung

Trending Now