Ini Dia, Profil Komika Terkenal Mamat Alkatiri

Lalu Wahid
Selasa, Agustus 29, 2023 | 18.12 WIB Last Updated 2023-08-29T10:42:27Z



MANDALIKAPOST.com - Mamat Alkatiri merupakan salah satu komika terkenal di Tanah Air. Lewat persona sebagai mahasiswa asal Timur yang kuliah di Jawa, namanya terus melejit. Mamat Alkatiri memiliki nama lengkap Mohammed Yusran Farid Alkatiri, lahir di Ambon, Maluku, pada 24 Juni 1992. Meskipun lahir di Ambon, namun asal aslinya adalah dari Fakfak, Papua Barat, yang memiliki keturunan Arab.


Mamat memutuskan merantau ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Ia berhasil menuntaskan pendidikannya sebagai sarjana kedokteran gigi pada 2020.


Semasa menjadi mahasiswa, Mamat mulai menekuni stand up comedy. Tepatnya pada 2014, ia bergabung dengan Stand Up Indo Jogja.


Bermodalkan pengetahuan dan pengalamannya setelah bergabung dengan komunitas stand up comedy, ia memberanikan diri mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 5 dan 6 pada 2016, namun tak berhasil lolos sebagai finalis.


Mamat kembali mencoba peruntungannya dengan mengikuti audisi SUCI 7 di Surabaya dan berhasil menjadi finalis. Melewati aksi panggung yang naik turun, Mamat harus berpuas diri menjadi runner up setelah berhadapan dengan Ridwan Remin di grandfinal.


Kariernya sebagai komika makin diperhitungkan. Pandji Pragiwaksono menunjuk Mamat sebagai komika opener dalam tur stand up comedy-nya bertajuk 'Juru Bicara' di Yogyakarta.


Dunia stand up comedy mengantarkan Mamat ke banyak kesempatan emas, salah satunya terjun ke dunia akting. Beberapa film pernah dibintangi olehnya seperti Terbang Menembus Langit (2018), Laundry Show (2019), Pelukis Hantu (2020), dan Marriage (2021).

Mamat juga tampil di beberapa web series, di antaranya adalah Cek Toko Sebelah The Series (2018), Yowis Ben The Series (2020), dan Impeefect The Series 1 dan 2 2022 - 2023.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ini Dia, Profil Komika Terkenal Mamat Alkatiri

Trending Now