Motocross Lombok-Sumbawa Diikuti 70 Rider Nasional

Ariyati Astini
Rabu, November 22, 2023 | 12.42 WIB

 

Sekertaris Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB Agus Panca





MANDALIKAPOST.com - Sebanyak 70 rider ikut balapan Motocross Lombok Sumbawa yang berlangsung pada Jumat (24/11/2023) hingga Minggu (26/11/2023) di Sirkuit Tohpati Sayang-Sayang Kota Mataram. 


Sekretaris Ikatan Motor Indonesia NTB Agus Panca mengatakan seluruh tim yang ikut balapan Motocross Lombok Sumbawa berasal dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan pulau Sumatera.


"Tim-tim itu yang sudah konfirmasi, kemudian ada beberapa yang dari Sumatera untuk berangkat ke Lombok, satu tim itu ada 8-15 orang atau pebalap," kata Panca saat Launching Motocross Lombok Sumbawa di Mataram, Selasa (21/11/2023). 


Menurut Panca khusus klub motor pecinta otomotif yang ikut meriahkan event Motocross Lombok Sumbawa bakal diikuti sekitar ratusan club. 


"Awalnya kita hanya siapkan hotel-hotel melati, kemungkinan karena banyaknya kita akan carikan camping ground mereka di Sembalun," ujarnya.


Dikatakan Panca semua club motor yang ikut memeriahkan event Motocross Lombok-Sumbawa dijadwalkan tiba pada Kamis (23/11/2023) besok. Bahkan kata Panca beberapa klub motor akan berangkat dari daerah masing-masing pada Kamis (25/11/2023). 


"Untuk nama-nama crosser saya belum dapat yang pasti ada Si Atar, karena beberapa crosser juga akan berangkat ke Malaysia mengikuti kompetisi juga," katanya. 


Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Malady mengatakan event Motocross Lombok Sumbawa ini untuk mempromosikan pariwisata dan meningkatkan ekonomi kita di NTB, terlebih NTB.


"Jadi pasca MotoGP, MXGP, WSBK yang kita adakan beberapa waktu lalu Lombok supaya tetap didatangi, agar selalu ada perputaran uang untuk beli produk-produk di NTB," imbuhnya.


Jamal mengatakan seluruh peserta akan mengikut touring dan trabas untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di NTB. Para peserta akan mengelilingi Pulau Lombok hingga Sumbawa selama 4 hari 3 malam. 


"Nantinya akan melewati Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, tanggal 26 finish di Eks Bandara," jelasnya.


Jamal mengatakan para peserta trabas yang mendapat undangan bekerjasama dengan IMI pusat bersama IMI Provinsi NTB.


Menurut Jamal seluruh peserta touring, trabas dan puluhan club motor yang ikut touring diminta memposting lokasi-lokasi sport keindahan alam yang dilewatinya di semua akun media sosial mereka.


Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Jamaluddin Malady membocorkan total anggaran Event Motorcross Lombok-Sumbawa yang digelar pada Jumat (17/11/2023) hingga Minggu (26/11/2023). 


Menurut Jamal total anggaran event Motorcross Lombok-Sumbawa itu tembus Rp 24 miliar yang digelar selama 9 hari di NTB. Baik di pulau Lombok dan Sumbawa. Ada pun rincian anggaran paling mahal itu paling mahal konser musik yang kita rencanakan di lapangan Eks Bandara Selaparang Kota Mataram yang menghadirkan artis papan atas nasional.


Jamal mengatakan konser musik selama event Motorcross Lombok-Sumbawa digelar selama empat hari. Selama konser berlangsung akan diisi oleh puluhan UMKM dari Kota Mataram Dann Provinsi NTB. 


"Anggarannya dari bantuan kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jadi ini bantuan pemerintah untuk memajukan pariwisata dan menggerakkan ekonomi NTB pasca MotoGP 2023," kata Jamal.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Motocross Lombok-Sumbawa Diikuti 70 Rider Nasional

Trending Now