Dr. Istajib Zain Tekankan Pentingnya Podcast dalam Kehumasan BUMN, Pemerintah

MandalikaPost.com
Selasa, Desember 05, 2023 | 13.20 WIB
Dr. H. Istajib Zain, M.Ag.

MANDALIKAPOST.com - Keprotokoleran dan Kehumasan Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementrian Kelautan & Perikanan (KKP) bekerja sama dengan PUSDIKLATPEMNAS Cerdas Training Center menggelar Bimbingan Teknis Managerial Podcast, Broadcast dan Sinematografi Dalam Kehumasan Pemerintah.


Acara yang berlangsung pada hari Selasa, 05 Desember 2023 mulai pukul 08.00 s/d 16.00 di Hotel Sofyan Cut Meutia Jakarta tersebut dihadiri kurang lebih 200 peserta dari humas & protokoler lintas kementrian & lembaga. 


Kegiatan ini dimaksudkan untuk memaksimalkan peran Humas & Protokol pada masing-masing Instansi. Karena peran dan fungsi protokoler turut menentukan keberhasilan kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi atau institusi. 


Disamping itu, protokol juga merupakan bagian yang melekat dari aktivitas perusahaan dan turut mewarnai budaya kerja, terutama bagi para petugas protokol yang sangat dekat perannya dalam mendukung tugas kepemimpinan, baik di tingkat lokal maupun nasional.


Hadir dalam kegiatan tersebut pada sesi pertama narasumber yang kompeten dalam bidang Public Speaking & Keprotokoleran antara lain Dr.Siti Nuri Nurhaidah, M.A , yang menyampaikan materi teknik dasar menjadi MC , moderator, telle caster acara formal dan non formal serta serba serbi problematikanya. 


Yang mana hal-hal tersebut menjadi sangat penting demi suksesnya sebuah acara.


Adapun pada sesi kedua kegiatan Bimtek tersebut  menghadirkan narasumber yang juga sangat kompeten di bidang Podcast, Broadcast dan Sinematografi yaitu Dr. H. Istajib Zain, M.Ag. 


Pada kesempatan tersebut, Dr. Istajib Zain menyampaikan bahwa di era keterbukaan informasi seperti saat ini, dimana masyarakat atau publik sudah semakin kritis terhadap pemberitaan.


"Maka peran humas sangat penting sebagai layanan publik untuk memberikan informasi yang jelas dan sesuai fakta yang ada di perusahaan, pemerintahan maupun organisasi lainnya, dengan cara yang baik dan benar agar dapat diterima publik," paparnya.


Lebih lanjut pria yang juga menjadi Kepala Departemen Kepemudaan & Kepemimpinan PP IKADI tersebut menambahkan bahwa keberadaan humas sangat dibutuhkan dan penting untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi dengan stakeholder dan masyarakat umum, dengan tujuan menyangkut tiga hal yaitu reputasi, citra dan komunikasi mutual benefit relationship. 


"Seiring dengan kesadaran bahwa humas memegang peranan yang sangat penting dalam membangun citra organisasi, keberadaan humas adalah suatu kebutuhan yang harus diprioritaskan," katanya.


Untuk itu perlu juga didukung SDM (Sumber Daya Manusia) dengan kapasitas yang kompeten di bidang kehumasan serta dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.


Agar Humas dapat menjalankan fungsinya dengan lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran, perlu strategi komunikasi dan publikasi yang tepat berorientasi pada pembentukan opini publik. Dalam pelaksanaannya perlu didukung oleh kemudahan akses kepada unsur pimpinan dan dukungan satuan kerja lain yang terlibat. Pemanfaatan digital sangat diperlukan untuk mendukung kinerja humas & protokoler, diantaranya dengan memaksimalkan media sosial yang dimiliki. 


Menurutnya, media sosial menjadi sarana  corporate branding yang efektik tentu dengan tayangan- tayangan yang menarik dan kekinian, dan disusun dengan time line yang terstruktur dan terukur , serta evaluasi yang rutin dilakukan. Salah satu pemanfaatn media sebagai branding adalah podcast. 


"Podcast yang dikemas dengan apik dan dibuat secara menarik dan tentu dengan bahasan yang terstruktur akan membantu sebuah instansi untuk dapat memberikan sebanyak mungkin informasi baik tentang lemabaga beserta aktifitasnya dan tentu juga hasil capaiaannya serta kontribusinya untuk Bangsa dan Negara," pungkas Dr. Istajib Zain.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dr. Istajib Zain Tekankan Pentingnya Podcast dalam Kehumasan BUMN, Pemerintah

Trending Now