Iklan Yamaha

Liburan Lebaran, NTB Siapkan 10 Destinasi Wisata di Lombok dan Sumbawa

MandalikaPost.com
Sabtu, Mei 25, 2019 | 23:14 WIB Last Updated 2019-05-25T16:16:26Z
PENYIAPAN DESTINASI. Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah bersama sejumlah Kepala OPD Pemprov NTB dalam Rakor Penyiapan Destinasi, di Kantor Gubernur NTB. (Istimewa)  


MATARAM - Pemerintah Provinsi NTB menyiapkan 10 destinasi wisata di wilayahnya yang berpotensi dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara sepanjang liburan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1440 H, tahun ini.

Rapat Koordinasi Penyiapan Destinasi Pariwisata menyambut liburan lebaran tahun 2019, digelar Rabu (22/5) dipimpin Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalilah di Ruang Rapat Utama, Kantor Gubernur NTB.

Rakor dihadiri para Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-NTB, Manajemen ITDC pengelola KEK Mandalika, ASDP, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Perhubungan, PUPR, Diskominfotik dan Instansi terkait lainnya.

Dalam rapat terungkap, menyambut mudik lebaran tahun ini, NTB menyiapkan 10 Destinasi Wisata yang diprediksi mengalami peningkatan jumlah kunjungan selama libur lebaran tahun ini.

Destinasi wisata tersebut terdiri 8 obyek wisata di pulau Lombok dan dua objek wisata di Pulau Sumbawa.

10 destinasi wisata yang disiapkan NTB  menyambut liburan lebaran antara lain :

  1. Gili Trawangan, Meno, Air (Tramena) di Lombok Utara.
  2. Narmada - Suranadi - Sesaot di Kabupaten Lombok Barat.
  3. Senggigi di Lombok Barat.
  4. Gita Nada (Nanggu, Tangkong, Tawun dan Sudak) di Lombok Barat.
  5. Desa Adat Sade - Ende di Lombok Tengah.
  6. Pantai Kuta Mandalika di Lombok Tengah.
  7. Pantai Mawun - Selong Belanak di Lombok Tengah.
  8. Sembalun di Lombok Timur.
  9. Lapade di Sumbawa.
  10. Pulau Moyo di Sumbawa.

Wagub Hj Sitti Rohmi menekankan pentingnya pembenahan di sejumlah destinasi unggulan itu, agar para wisatawan dapat merasa aman dan nyaman menghabiskan liburannya di NTB.

"Kita punya destinasi yang sangat indah, tapi masalah kebersihan, keamanan, perhubungan dan fasilitas penunjang lainnya, perlu mendapat perhatian kita semua," kata Wagub Hj Sitti Rohmi.

Menurut Wagub Hj Sitti Rohmi, 10 destinasi wisata itu berpotensi dikunjungi wisatawan selama liburan lebaran tahun ini.

Ia berharap Pemda di tiap destinasi melalui Dinas Pariwisata dan stakeholders terkait benar-benar memperhatikan pembenahan di destinasi tersebut.

Beberapa permasalahan dan kendala yang perlu mendapat perhatian bersama  dalam menyiapkan destinasi wisata tersebut antara lain masalah kebersihan destinasi, ketersediaan sarana toilet umum, pengaturan parkir, penerangan jalan, dan penataan pedagang UMKM.

Wagub Hj Sitti Rohmi mengatakan, para pejabat Dinas terkait di Pemprov NTB dan Kabupaten/Kota bersama seluruh stakeholder lainnya, perlu berkolaborasi dan duduk bersama mencari solusi dan mengatasi setiap permasalahan yang ada, sehingga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi.

"Mari kita mengambil peran dan tanggung jawab masing masing untuk mengatasi permasalahan tersebut," kata Wagub Hj Sitti Rohmi. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Liburan Lebaran, NTB Siapkan 10 Destinasi Wisata di Lombok dan Sumbawa

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online