Cegah Virus Corona, Bandara Lombok Tingkatkan Pemeriksaan Kesehatan Penumpang

MandalikaPost.com
Senin, Februari 03, 2020 | 17.53 WIB
CEGAH CORONA. Petugas Bandara Internasional Lombok (BIL) membagikan masker untuk penumpang sebagai langkah antisipasi masuknya virus Corona. (Foto: Dok. Humas BIL)

LOMBOK TENGAH - Mencegah dan mengantisipasi masuknya virus corona ke Indonesia, PT. Angkasa Pura I (Persero) berkomitmen untuk meningkatkan pemeriksaan kesehatan penumpang di 15 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I, salah satunya di Bandara Internasional Lombok (BIL), Lombok Tengah, NTB.

Humas BIL, I Nyoman Siang menjelaskan Bandara Internasional Lombok bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) terus meningkatkan pemeriksaan kesehatan penumpang baik penumpang domestik maupun penumpang internasional.

"Pemeriksaan menggunakan alat thermal scanner yang telah terpasang di area kedatangan domestik maupun area kedatangan internasional," kata Nyoman Siang, Senin (3/2) di BIL Lombok Tengah.

Ia menjelaskan, alat thermal scanner berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang, jika terdapat penumpang yang terdeteksi memiliki suhu tubuh 38 derajat celsius atau lebih maka penumpang tersebut akan diperiksa kesehatannya lebih lanjut oleh KKP.

"Namun, bukan berarti penumpang yang memiliki suhu tubuh 38 derajat celsius atau lebih pasti terjangkit virus corona. Penumpang tersebut masih berstatus suspect yang akan diperiksa kesehatannya lebih lanjut," katanya.

Nyoman memaparkan, selain penggunaan thermal scanner, petugas frontliner Bandara juga telah diwajibkan untuk memakai masker, kacamata, dan sarung tangan saat bertugas. Monitoring juga dilakukan terkait kesiapan dan pelayanan personil KKP untuk memeriksa kesehatan penumpang.

"Selanjutnya, Bandara Internasional Lombok akan berkoordinasi dengan KKP terkait simulasi penanganan penumpang suspect virus corona sesuai dengan SOP yang telah disepakati," kata Nyoman. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cegah Virus Corona, Bandara Lombok Tingkatkan Pemeriksaan Kesehatan Penumpang

Trending Now