Eksotisme Tarian Api di Jayakarta, Warnai Harmoni Lombok Barat

MandalikaPost.com
Sabtu, April 10, 2021 | 22.30 WIB
Pesona Tarian Api (Fire Dance). (Foto: Ilustrasi)

SENGGIGI - Dinas Pariwisata Lombok Barat menggelar pertunjukan seni tari, Sabtu malam (10/4) di Pool Stage, Hotel Jayakarta Lombok, Senggigi, Lombok Barat. 


Kegiatan yang disiarkan secara live streaming ini menjadi rangkaian event Harmoni Lombok Barat 2021.


Ada lima tarian yang ditampilkan. Secara offline di pool stage Jayakarta Hotel, sejumlah penonton hadir dengan standar protokol kesehatan tetap diperketat.


Atraksi tari api di Pool Stage Hotel Jayakarta Lombok mewarnai rangkaian Harmoni Lombok Barat. (Foto: Dok. Dispar Lombok Barat)

Kelima atraksi tari yang disajikan itu yakni Egrang Tambok, Batek Baris, Broadway Dance, Street Dance dan Fire Dance (Tari Api). 


Egrang Tambok merupakan tarian yang diangkat dari permainan tradisional orang Lombok. Tarian ini menggunakan batik kelapa sebagai properti pementasan.


Batek Baris merupakan tarian baris-berbaris yang meniru gerakan tentara kolonial tempo dulu. Dalam banyak gerakannya melafazkan instruksi bahasa Belanda yang diucapkan ke dalam bahasa Sasak.


Sementara Broadway dan Street Dance merupakan dua tarian luar. Broadway Dance cenderung musikal dan diringi gerak para penari. 


Sedangkan Street Dance cenderung dipertunjukkan dengan memanfaatkan semua ruang terbuka.


Penutup rangkaian atraksi seni tari, hadir Tari Api atau Fire Dance. Tarian ini tampil memukau dengan mengandalkan properti api yang yang dimainkan para penarinya.


GM Jayakarta Hotel, Cherry Abdul Hakim mengatakan, atraksi ini menegaskan bahwa pariwisata Senggigi masih berdenyut. 


Tagline #AyoKeSenggigi menurut dia bukan sekedar slogan saja yang tidak diimbangi oleh ikhtiar menjaga kelangsungan kunjungan wisatawan di masa pandemi.


"Kita fasilitasi Dinas Pariwisata sebagai penyelenggara saja. Event ini menunjukkan pariwisata Senggigi masih berdenyut, tidak mati," katanya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H Saiful Ahkham mengatakan, atraksi ini bagian dari rangkaian Harmoni Lombok Barat. Meski berskala kecil, setidaknya event ini menegaskan, denyut pariwisata daerah ini masih bergerak.


"Ini rangkaian event penutup Bulan Sya'ban menuju Ramadan," tandasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Eksotisme Tarian Api di Jayakarta, Warnai Harmoni Lombok Barat

Trending Now