Iklan Yamaha

Cara Hadapi Siklus Pasar Crypto, Ini Nasihat Pendiri Coinbase

MandalikaPost.com
Senin, Mei 24 | 00.30 WIB
Fred Ehrsam.

MANDALIKAPOST.com - Salah satu Pendiri Coinbase, Fred Ehrsam, baru saja menyatakan beberapa wejangan atau nasihat untuk menghadapi siklus pasar crypto.


Pernyataan ini disebarkan melalui surat terbuka berdasarkan pengalamannya, terutama untuk para pemula yang saat ini sedang panik.


Dengan pengalamannya sejak 2011 ia merasa mampu untuk membagikan pengalamannya dengan harapan menenangkan mayoritas investor saat ini.


Dalam sebuah siklus menurutnya pasti akan ada kondisi menurun akibat seluruh aset apa pun tidak akan hanya bergerak naik, namun pasti ada penurunan.


Ia merasa kondisi penurunan dalam siklus dapat membuat hilangnya keuntungan, bukan hanya dari sisi investasi namun ekosistemnya.


Hal ini disebabkan adanya kekhawatiran dan kepanikan yang mendorong tekanan jual.


Ia menyadari bahwa kondisi siklus akan selalu berbeda dari masa lalu, namun umumnya terdapat beberapa kesamaan. Oleh karena itu, ia merasa sangat penting untuk investor dan pelaku pasar mengetahui beberapa elemen dalam sebuah siklus saat menuju penurunan.


Elemen Pertanda Penurunan Saat Siklus


Siklus Sangat Emosional akibat mayoritas siklus ini disebabkan oleh psikologis dari mayoritas investor yang mengalami kerugian dan keuntungan secara drastis. Umumnya saat hal ini terjadi leverage akan terlalu tinggi dan banyak pihak yang serakah, menyebabkan banyaknya likuidasi dan berujung koreksi.  


Menarik Perhatian Publik semua media sosial akan memberikan pernyataan yang menggiring opini dengan semakin banyaknya orang yang tertarik. Saat semakin banyak pihak tertarik maka akan semakin tinggi kerentanan akibat investor baru relatif lebih mudah panik.


Penurunan Memperkuat Ekosistem Crypto akibat melihat pada pergerakan sebelumnya setelah penurunan terjadi, umumnya harga naik lebih tinggi. Jika melihat dalam jangka waktu yang lebih panjang, pasar crypto umumnya akan terlihat bergerak naik.


Kondisi Penurunan Menghilangkan Perusahaan Lemah akibat banyak crypto yang diterbitkan perusahaan dengan fundamental kurang baik. Untuk perusahaan yang lemah atau kurang baik, umumnya akan hilang dan memberi keamanan lebih terhadap investor.


Siklus Perhatian Pemerintah karena umumnya saat pemerintah mulai memberi pernyataan tentang crypto lagi, penurunan akan terjadi. Namun setelah itu umumnya pasar akan pulih kembali akibat sadar bahwa dampak pemerintah hanya bersifat FUD.


Menguji Kemampuan Pelaku Pasar karena saat penurunan terjadi, umumnya pelaku pasar terutama infrastrukturnya seperti aplikasi, blockchain, dan bursa akan diuji. Diuji kemampuan disini adalah karena semakin banyaknya partisipan yang membuat volume penggunaannya naik.


Umumnya saat hal ini terjadi, kondisi pasar akan menuju penurunan. Namun jjika melihat pada siklus, penurunan ini adalah hal yang baik karena berarti apresiasi yang lebih tinggi.


Menciptakan Ketangguhan Psikologis


Jadi, agar tidak kehilangan kesempatan merasakan keuntungan akibat kekhawatiran terhadap kondisi saat ini, Ehrsam membagikan beberapa saran.


Saran atau nasihat ini diberikan untuk membantu menjaga kondisi psikologis mayoritas investor, terutama dalam untuk investor pemula di dunia crypto.


Fokus kepada Jangka Panjang akibat penurunan ini membuat investor fokus terhadap tujuan jangka pendek. Dengan fokus pada jangka panjang, pandangan terhadap crypto akan menjadi lebih baik akibat dalam jangka panjang relatif mengalami apresiasi.


Tetap Ingat Tujuan Utama akibat sangat mudah terlena dengan kondisi pasar apresiasi dan merasakan keuntungan. Namun saat penurunan atau depresiasi, investor sering lupa terhadap tujuan utama investasinya dan fokus pada keuntungan yang sedang hilang.


Membuat Rencana untuk menghadapi kondisi pasar saat terjadi penurunan. Untuk para pelaku pasar seperti pemilik bursa dan proyek crypto langkah ini dilakukan untuk alternatif saat penggunanya turun akibat pasar depresiasi. Untuk investor langkah ini juga penting untuk menjaga ketenangan saat depresiasi terjadi.


Selalu Diversifikasi dan Gunakan Uang Dingin untuk memastikan hidup masih bisa berjalan dan memiliki dana yang cukup untuk kehidupan sehari-hari.


Waspada Dorongan Beli Pemula akibat umumnya dapat memberi harapan palsu terhadap apresiasi. Karena saat kepanikan terjadi dana yang mendorong naik oleh pemula ini juga dapat menjadi yang menekan turun, seperti saat ini.


Tenangkan Pikiran dan Selalu Ingat Kepercayaan akibat dalam kondisi depresiasi pasar akan banyak berita negatif yang menambah kekhawatiran. Oleh karena itu, mengingat kepercayaan terhadap crypto akan terus menenangkan pikiran.


Perlakukan seperti Marathon dan bukan Sprint akibat memperlakukan investasi sebagai lari cepat atau sprint dan bukan marathon atau lari jarak jauh. Hal ini adalah kondisi yang buruk akibat hanya berharap keuntungan cepat yang umumnya lebih kecil dan lebih berisiko


Namun yang perlu diperhatikan secara menyeluruh adalah kondisi ini adalah hal yang normal dan dibutuhkan untuk apresiasi yang sehat.


Potensi Kesempatan Besar


Dengan adanya penurunan ini terdapat dua kunci utama yang membentuk sebuah siklus yaitu kesempatan yang besar dan ketidakpastian yang besar.


Oleh karena itu, mengingat sesuatu yang berisiko juga memiliki keuntungan yang tinggi, kondisi ini bukan suatu hal yang harus ditakuti namun diterima.


Akibat jika dilakukan, tidak hanya kepercayaan terhadap crypto akan meningkat, namun keuntungan yang dirasakan darinya juga akan meningkat.


Tapi selalu ingat untuk menggunakan uang yang rela untuk hilang jika melakukan investasi atau “uang dingin”.


Tujuannya adalah untuk menjaga manajemen risiko dan tetap memiliki dana untuk melanjutkan hidup secara normal.











Source : Coinvestasi.com


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Hadapi Siklus Pasar Crypto, Ini Nasihat Pendiri Coinbase

Trending Now

Iklan