Iklan Yamaha

Invest di Uang Kripto Jangan Pakai Emosi !!, Kemendag : Literasi Sangat Perlu

MandalikaPost.com
Minggu, Mei 23 | 23.10 WIB

Investasi cryptocurrency.

MANDALIKAPOST.com - Peminat uang kripto atau cryptocurrency di Indonesia kian berkembang. Dibutuhkan edukasi yang mendalam untuk investor dan trader yang baru terjun ke sektor ini.


Secara komoditas, crypto bisa dijadikan sebuah investasi. Namun, seperti diketahui selain bisa mendulang keuntungan, investasi pun penuh dengan risiko, termasuk kripto. Oleh sebab itu, terjun ke perdagangan kripto harus paham seluk beluknya.


"Jadi ketika memutuskan untuk terjun dalam perdagangan crypto juga harus memahami risiko di samping keuntungannya," Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Minggu (23/5/2021).


BACA JUGA : Ini 5 Pelajaran Penting dari Pekan Buruk Cryptocurrency


Uang kripto terdiri dari berbagai jenis. Setiap jenis tersebut punya karakter masing-masing. Faktor harga bisa dipengaruhi oleh berbagai hal yang sifatnya bisa berjangka panjang maupun pendek. Karena itu investor dan trader dituntut untuk selalu up to date dan sigap dengan psikologi pasar.


Jerry menilai, edukasi bisa dilakukan oleh lembaga atau badan yang berkaitan dengan crypto maupun dengan inisiatif investor dan trader sendiri.


"Jadi dalam perdagangan crypto investor dan trader diharapkan punya inisiatif yang tinggi untuk belajar dan mengupdate diri dengan berbagai info yang berkembang dengan cepat," katanya.


Sedangkan pendidikan mengenai perdagangan crypto oleh lembaga seperti bappebti maupun perusahaan pedagang crypto menurut Jerry diarahkan untuk memperkuat literasi crypto itu sendiri.


BACA JUGA : 5 Crypto Potensial Ketika Pasar Tertekan


Literasi yang dimaksud bukan hanya mengerti mengenai bagaimana cara kerja crypto dan blockchain tetapi juga aspek manfaat dan risikonya. Ini dilakukan agar masyarakat yang ingin terjun di dunia crypto menjadi paham dan rasional dan bukan emosional.


"Sangat berbahaya jika perdagangan berbasis emosi semata. Ada ilmu baik secara ekonomis, teknis maupun psikologis. Itu yang harus dikuasai oleh investor dan trader," katanya.


Ke depan menurut Jerry Kemendag akan menggiatkan edukasi mengenai crypto, bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain baik pemerintah maupun swasta.


Jerry juga berharap dunia pendidikan terutama universitas juga punya ruang khusus untuk mengembangkan literasi perdagangan aset digital termasuk crypto.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Invest di Uang Kripto Jangan Pakai Emosi !!, Kemendag : Literasi Sangat Perlu

Trending Now

Iklan