Iklan BNS

Pelaku Wisata Siap Promosikan Potensi Samota Sumbawa

MandalikaPost.com
Kamis, Mei 26, 2022 | 21.40 WIB
Para pelaku wisata NTB bersama Wakil Bupati Sumbawa, Hj Dewi Noviany.

MANDALIKAPOST.com - Para pelaku wisata yang tergabung dalam assosiasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), ASITA, ASPPI dan HPI Nusa Tenggara Barat (NTB) mendukung penyelenggaraan event motocross internasional MXGP Samota 2022 di Sumbawa.


Para pelaku wisata juga siap untuk mempromosikan potensi dan destinasi wisata yang ada di pulau Sumbawa, khususnya kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora (Samota).


Sebagai bentuk dukungan, sejumlah pelaku wisata perwakilan dari PHRI, ASITA, ASPPI dan HPI Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan kunjungan lapangan ke kawasan Samota pada Selasa 25 mei 2022.


"Kami pelaku wisata dari PHRI, ASITA, ASPPI dan HPI siap mempromosikan kawasan Samota," kata Ketua PHRI NTB, Ni Ketut Wolini, Kamis 26 Mei 2022.


Wolini mengatakan, potensi wisata NTB ada di dua pulau, Lombok dan Sumbawa. Sejauh ini Lombok dengan segala potensinya sudah cukup terkenal baik nasional maupun mancanegara. Sementara Sumbawa belum begitu optimal promosinya.


Menurutnya, event MXGP Samota bisa menjadi titik awal untuk membangun pariwisata di Pulau Sumbawa.


"Pariwisata NTB kan ada dua, Lombok dan Sumbawa. Saat ini pemerintah ingin lebih optimal mengembangkan pariwisata Sumbawa, tentunya kami pelaku pariwisata sangat mendukung sekali. Event MXGP Samota ini bisa menjadi titik awal untuk hal tersebut," katanya.


Ia menambahkan, dalam kunjungan ke Samota, nampak persiapan perhelatan MXGP Samota 2022 terus dilakukan dan semakin mantap.


Pihaknya optimis, bergeraknya sektor pariwisata di Sumbawa akan membawa multiplier effect yang sangat positif bagi perekonomian masyarakat dan juga daerah.


"Kita lihat sektor pendukung seperti kuliner dan pusat oleh-oleh juga bergeliat menjelang MXGP Samota ini. Infrastruktur juga terus dibenahi oleh pemerintah, sehingga ini menjadi hal yang baik juga untuk pertumbuhan ekonomi. Harapan kami MXGP Samota bisa membuat pariwisata NTB, khususnya Sumbawa bisa bangkit," katanya.


Dalam kunjungan ke Samota, para pelaku wisata disambut baik oleh Wakil Bupati Sumbawa Hj Dewi Noviany dan Kadispar Sumbawa.


Wakil Bupati Sumbawa, Hj Dewi Noviany mengatakan Pemda Sumbawa sangat terbuka dan berharap bisa bersinergi dengan pelaku wisata untuk sama-sama mengembangkan sektor kepariwisataan.


"Dari sisi promosi, Pemda tidak mungkin bekerja sendiri. Mungkin bisa tapi hasilnya tak akan maksimal. Sehingga kami sangat senang jika bisa bersinergi dan kolaborasi dengan assoiasi dan pelaku wisata," katanya.


Dewi mengapresiasi kunjungan para pelaku wisata dan dukungan mereka untuk mempromosikan potensi wisata Samota.


Seperti diketahui, event MXGP Samota 2022 akan dihelat di kawasan Samota pada 26 Juni mendatang.


Perkiraan jumlah penonton event ini berkisar 50 ribu hingga 75 ribu orang.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelaku Wisata Siap Promosikan Potensi Samota Sumbawa

Trending Now

Iklan