Pengunjung Sembalun Tembus 20 Ribu Orang, Saat Libur Lebaran

Rosyidin
Selasa, April 25, 2023 | 22.08 WIB
Sport wisata wahana perosotan Taman Surga Rinjani. (Foto: Rosyidin/MP).

MANDALIKAPOST.com – Kunjungan wisatawan ke Sembalun meningkat tajam selama libur lebaran. Dari pantaun media ini, mencapai 20 ribu orang lebih baik itu wisatawan lokal maupun dari mancanegara.


Sebagian besar didominasi oleh wisawatan lokal.  Bahkan tingkat kunjungan wisatawan tahun ini sama dengan tahun kemarin sejak dibebaskannya orang berwisata pasca pandemi COVID-19.


terbilang paling tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Penginapan di Sembalun juga penuh selama libur.


Puncak kunjungan wisatawan terjadi pada Selasa 25 April 2023. Arus lalu lintas menuju Sembalun terpantau ramai dan padat selma tiga hari terahir libur lebaran. 


Pengunjung mulai berdatangan sekitar pukul 09.30 Wita siang ini hingga pukul 17.00 Wita. Mereka datang baik menggunakan sepeda motor maupun mobil.


Destinasi wisata  yang ramai dikunjungi diantaranya Bale Adat desa Sembalun Lawang, Pusuk Sembalun, Taman Surga Rinjani, Taman Bunga Merah, Bukit Selong, Kebun stroberi dan beberapa sport wisata lainnya. Selain itu, warga juga memilih liburan dengan naik Bukit Dandaun, Bukit Pergasingan, Bukit Aanak Dara dan tak terkecuali gunung Rinjani.


Bukan hanya itu, beberapa wisatawan juga terlihat berdatangan sebelum H-1 lebaran. Ada sebagian yang datang untuk menginap di beberapa homestay yang ada di Sembalun untuk menghabiskan liburan lebaran.


Pengelola wahana Taman Sorga Rinjani, Ustadz Zamroni mengatakan, sejak H+1 lebaran wisatawan dari berbagai daerah maupun manca negara mulai berdatangan. Baik yang menginap dan meskipun hanya sekedar singgah berswafoto, petik stroberi, minum kopi dan makan minum di kedai-kedai yang ada sambil menikmati keindahan Sembalun.


"Di hari ini saja sekitar dua ribuan lebih wisatawan berkunjung ke tempat kami, nampaknya hari ini puncak kunjungan wisawatan ke Sembalun. Karena besok kan sudah mulai masuk kantor," katanya.


Tingginya animo warga berlibur ke Sembalun, lajut Zamroni karena Sembalun memiliki pesona dan menjadi magnet bagi wisatawan. Ada beberapa obyek wisata hingga saat ini masih menjadi favorit selain Taman Surga Rinjani yakni, kebun bunga merah, jembatan kaca di kebon kopi, Taman Wisata Pusuk Sembalun, Bukit Selong, Bale Adat Sembalun Lawang.


"Sembalun memiliki ciri khas yang beda dengan daerah lain dan memiliki pesona yang menjadi magnet bagi wisawatan, terutama gunung Rinjani. Makaknya saya tidak heran dari tahun ke tahun kunjungan ke Sembalun selalu membeludak," ujar Zamroni.


Terlebih saat ini ada destinasi baru di daerah setempat seperti halnya Taman Surga Rinjani yang meliki daya tarik tersendiri, karena di taman tersebut memiliki banyak pilihan sport suwa foto. 


"Alhamdulillah, setiap hari sejak lebaran tidak kurang dari 1000 orang lebih yang berkunjung ke tempat kami. Bukan hanya wisawatan domestik, lokal, pun juga wisawatan dari manca negara menikmati wahana yang kami suguhkan disini," kata Zamroni. 


"Yang menjadi unggulan kita disini, perosotan, sepeda gantung dan tangan raksasa. Rata-rata wisawatan yang berkunjung kesini itu, memacu adrenalinnya di ketiga wahana itu dan mereka mencoba sensasi baru," imbuhnya. 

Animo kunjungan wisatawan di Sembalun, saat libur lebaran dalam tiga hari terahir ini, Selasa 25 April 2023. (Foto: Rosyidin/MP).

Selain destinasi wisata yang ada, semua hotel, villa dan homestay yang ada di daerah setempat full oleh wisawatan yang berlibur bersama keluarganya. Tak terkecuali homestay The Gate Rinjani yang berada di jalur pendakina gunung Rinjani, tepatnya di dusun Bawak Nao, desa Sajang, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, setiap hari full oleh pengunjung yang bermalam di daerah tersebut. 


"Setiap hari penginapan kami full, sejak H-1 lebaran hingga hari ini," tutur Dewa Bagus Budiarta, pengelola The Gate Rinjani.


Villa The Gate ini memiliki lima kamar tidur lengkap dengan pasilitas air panas. Adapun harga per kamar di hari-hari besar, seperti hari lebaran dan weekend itu dihargakan Rp.550.000 per malamnya, sementara di hari-hari biasa Rp.400.000 per malam include sarapan. 


"Selain itu, kita juga menyediakan camping ground, dengan harga Rp.250.000 per tenda di hari weekend seperti saat ini. Kalau di hari-hari bisa itu, kita hargakan hanya Rp.200.000 include sarapan," kata Dewa, sapaan akrabnya.


Nur Bawani, salah satu pengunjung dari Selong bersama keluarganyq, mengaku sering sekali berkunjung ke Sembalun. Apa lagi saat ini ada spot foto atau wahana baru yang dikembangkan oleh pelaku wisata setempat.


”Sering sekali saya datang ke Sembalun, kadang nginap besama keluarga. Kali ini langsung balik, besok kita kan masuk kerja. Makaknya hari saya bersama keluarga hanya berkunjung ke beberapa tempat spot foto saja, tidak nginap," ujarnya.


Menurutnya, dia bersama keluarga liburan ke Sembalun ingin mencari suasan yang dingin, sejuk, nyaaman tidka terlalu panas sambil menikmati udara pegunungan. 


Selain itu, lanjutnya Sembalun memiliki banyak pilihan sport foto. Terlebih Taman Sorga Rinjani wahana baru di daerah setempat, sangat di rekomendasi untuk wisawatan yang liburan bersama keluarga dan anak-anak. 


"Alhamdulillah, anak-anak puas main perosotan di sini dan aman bagi anak-anak," pungkas Nur.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengunjung Sembalun Tembus 20 Ribu Orang, Saat Libur Lebaran

Trending Now