LIMOFF 2023 Ajang Buktikan Keberhasilan Industri Fashion NTB

MandalikaPost.com
Jumat, Juni 30, 2023 | Juni 30, 2023 WIB Last Updated 2023-06-30T12:59:15Z

 

Kadispar NTB Jamaluddin Maladi ST MT.

MANDALIKAPOST.com - Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) 2023 bakal digelar 6 - 9 Juli 2023 di Merumata Hotel, Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.


Selain sebagai wadah promosi potensi kriya tenun Lombok dan destinasi wisata di NTB, LIMOFF 2023 juga menjadi salah satu ajang pembuktian keberhasilan program industrialisasi NTB.


Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Maladi ST MT mengatakan, LIMOFF 2023 berikhtiar endorong NTB sebagai pusat muslim fashion nasional. Dimana kriya tenun tradisional Lombok dan Sumbawa kini sudah tersentuh modernisasi dan naik kelas, bisa masuk dalam industri fashion.


"LIMOFF pertama kali ini, dilakukan selama 5 tahun pemerintahan Zul-Rohmi. Ini sebagai salah satu pembuktian bahwa program industrialisasi berhasil, khususnya di industri fashion. LIMOFF ini puncaknya," kata Jamal, Jumat malam 30 Juni 2023.


Keberhasilan industri fashion berbahan baku kriya tenun tradisioanal NTB juga mendapat apresiasi dalam kegiatan gathering promosi fashion di Jakarta, awal Juni lalu.


"Kita adakan promosi gathering fashion di Jakarta, itu para istri duta besar negara tetangga menggunakan fashion tenun NTB dan mereka langsung membelinya. Artinya ada apresiasi dan pengakuan untuk fashion kita," ujar Jamal.


Beberapa waktu lalu, desainer kondang Asri Welas juga hadir di NTB untuk berbagi pengalaman dan ilmu pada para pelaku IKM batik Sasambo di NTB untuk mendesain model fashion yang bisa dijual di kancah nasional dan internasional.


SMK Negeri 5 Mataram yang memiliki core kriya tenun dan batik juga dilibatkan dalam percepatan pertumbuhan industri fashion NTB.


"Pakar-pakar tenun dan batik juga kita undang," kata Jamal.


Selain itu, papar dia, kegiatan yang akan dihadiri ribuan orang pengunjung LIMOFF 2023 sengaja dihelat di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat, agar Senggigi bisa kembali ramai dikunjungi.


Setidaknya ada sejumlah perwakilan Kementerian dan Lembaga yang hadir antara lain Kemenparekraf, Kemendikbud, Kemen Perindustrian, Kemen Perdagangan, Dekranas dan sejumlah Dekranasda Provinsi dan Kabupaten Kota di Indonesia.


"Akan dihadiri juga sekitar 10 negara, jadi LIMOFF bisa menggeliatkan pariwisata. Juga agar Senggigi bisa kembali ramai, seperti juga kawasan Mandalika, Lombok Tengah," katanya.


Diketahui, LIMOFF 2023 menargetkan tak kurang dari 12.000 pengunjung. Sedikitnya 109 desainer internasional dan nasional siap memeriahkan LIMOFF 2023. Ada sekitar 150 Jenama Fashion atau Brand ternama dan 15 Desainer Tamu dari Indonesia dan Asean Designers Philipines, Singapore, Cambodia, Malaysia dan Brunei Darusalam.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • LIMOFF 2023 Ajang Buktikan Keberhasilan Industri Fashion NTB

Trending Now