"Mambalan Is Wonderfull", Puluhan Wisman Kapal Pesiar Terpesona Keindahan Desa Mambalan

Panca Nugraha
Rabu, November 29, 2023 | 10.45 WIB
Wisatawan mancanegara penumpang kapal pesiar Silver Whisper saat berkunjung ke Desa Mambalan, Lombok Barat.

MANDALIKA0OST.com – Kapal pesiar Silver Whisper nyandar di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok Barat, Selasa pagi 28 November 2023. Sebanyak 28 dari 198 wisatawan mancanegara ini mengunjungi Desa Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat.


‘’Your village is wonderfull. This is 10 of the 10,’’ kata Miguel dan istrinya  memberikan kesan kepada Kepala Desa Mambalan.


Wisatawan asal Australia ini mengaku sangat puas dengan program A Walk Through Mambalan Village yang disajikan operator kapal pesiar. Bahkan, secara khusus Miguel dan istrinya mengaku akan kembali ke Lombok dan Mambalan khususnya di kemudian hari.


Seperti halnya Miguel, sejumlah wisawatan asing asal Amerika dan Jerman juga mengaku sangat terkesan dengan keasrian alam dan kehidupan sehari-hari warga desa Mambalan.   


Terutama panorama persawahan dan aktivitas petani tradisional yang sedang panen maupun menanam padi. 


‘’Saya sangat menikmati keanekaragaman buah-buahan yang ada di Lombok ini,’’ ungkap istrinya Miguel sambil menikmati mangis dan aneka buah yang disuguhkan operator disela-sela perjalanan.


Kades Mambalan, Sayid Abdollah Alkaff bersama wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Desa Mambalan.

Awalnya, rombongan wisatawan VVIP ini dilepas dari perbatasan desa Mambalan dengan Kekeri. Kemudian wisatawan yang dibagi dua rombongan ini melanjutkan perjalanan menyusuri persawahan desa Kekeri menuju jembatan gantung desa Mambalan.


Yang tidak disangka, sejumlah wisatawan yang rata-rata berusia lanjut ini cukup terkesan ketika memasuki komplek pemakaman umum di sisi selatan samping Sungai Meninting Desa Mambalan. Selain itu, sejumlah wisatawan dari berbagai negara ini juga sangat tertarik mendengar penjelasan Hanan dan Noval, dua guide senior yang memandu menyusuri jalan melintas desa Mambalan.


Kedatangan wisawatan asing yang datang dengan kapal pesiar kali ini memang baru kali pertama mengunjungi desa Mambalan. 


‘’Kali ini kami memang sengaja menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Sesuatu yang alami dan memiliki nilai special,’’ ujar Omesh, operator Kapal Pesiar yang mengatur proses kedatangan tamu-tamu kapal pesiar kali ini.


Omesh juga mengaku sangat lega dan puas mendengar langsung kesan-kesan bagus yang dilontarkan tamu-tamunya. Bahkan kata Omesh, sejumlah wisatawan asing itu mengaku program A walk through Mambalan Village ini adalah salah satu program terbaik yang mereka ikuti.


‘’Nanti, pada 11 Maret 2024 kita akan Kembali kedatangan tamu VVIP dari kapal pesiar yang akan masuk Desa Mambalan,’’ jelas Omesh, guide senior PT Pesona Wisata Lombok Tour and Travel.


Dijelaskan Omesh, saat ini tamu-tamunya berasal dari berbagai negara. Antara lain, Australia, Amerika, Jerman, Inggris, New Zeland, dan sejumlah negara eropa lain.


Kenapa Mambalan dipilih menjadi salah satu destinasi kunjungan wisatawan kali ini? Menurut Omesh, mungkin sebagian dari kita tidak melihat keunikan desa Mambalan. Tetapi, dengan kondisi alam dengan keunikan warga Mambalan dengan sejarah panjang  sebagai salah satu desa adat tertua di Lombok ini layak untuk diangkat dan dipromosikan menjadi wisata desa.  


"Mambalan Is Wonderfull", Puluhan Wisman Kapal Pesiar Terpesona Keindahan Desa Mambalan.


Insya Allah sambung Omesh, pihaknya akan menyiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik menyambut kedatangan wisatawan asing yang rencananya akan datang kembali pada 11 Maret 2024 mendatang.


‘’Saya yakin, jika kita melakukan persiapan lebih matang, tamu-tamu kita pasti akan lebih tertarik dan terkesan mengunjungi Desa Mambalan,’’ sebut Omesh seraya menyarakan agar Desa Mambalan segera membentuk Kelompok Pemuda Sadar Wisata (Pokdarwis).


Di tempat yang sama, Kepala Desa Mambalan, Sayid Abdollah Alkaff juga mengaku cukup kaget dengan antusias para wisatawan asing yang mengunjungi desanya. 


‘’Terus terang selama ini kami tidak menyadari jika desa kami memiliki potensi wisata yang layak dijual. Saya juga sangat senang setelah mendengar langsung kesan sebagian besar wisatawan asing yang mangaku puas dengan program menyusuri sawah dan perkampungan Desa Mambalan,’’ ujar Kades Mambalan yang akrab disapa Apink ini.


Apink juga merespon positif usulan Omesh, selaku operator kapal pesiar  untuk membentuk wadah Pokdarwis di Desa Mambalan. 


‘’Jika potensi Desa Mambalan dianggap layak untuk kedatangan tamu asing dari kapal pesiar, tentu kami akan berusaha sesegera mungkin membentuk Pokdarwis seperti yang disarankan operator kapal pesiar tersebut,’’ ungkap Apink, mantan wartawan ini.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • "Mambalan Is Wonderfull", Puluhan Wisman Kapal Pesiar Terpesona Keindahan Desa Mambalan

Trending Now