Iklan BNS

Pesona Segitiga Eksotis Bernama "Samota" di Sumbawa

MandalikaPost.com
Minggu, Juli 17, 2022 | 20.06 WIB

Pantai jernih berpasit putih di sepanjang Teluk Saleh, Sumbawa.


MANDALIKAPOST.com - Samota merupakan nama sirkuit motocross bertaraf internasional di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terpromosikan cukup optimal sepanjang gelaran MXGP of Indonesia 2022.


Tak hanya sebagai wadah event motocross yang mendukung sport tourism di daerah ini, Samota menjadi kawasan potensial pariwisata yang bisa dikembangkan di masa mendatang.


Samota adalah akronim untuk nama tiga kawasan wisata di Sumbawa yakni Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora. Panorama di kawasan Samota sangat potensial mendatangkan wisatawan, baik itu nusantara maupun mancanegara.


Ketiga lokasi itu merupakan favorit karena mencakup pegunungan hingga dunia bawah laut.


"Samota adalah kawasan segitiga eksotis, layaknya 'surga' bagi para wisatawan," kata Ketua Badan Promosi Pariwisata NTB, Ari Garmono, kepada Mandalika Post, Minggu 17 Juli 2022.


Ari memaparkan, Teluk Saleh memiliki kedalaman mencapai 200 meter ini memiliki daya tarik sendiri. Kawasan ini familiar sebagai akuarium raksasa karena memiliki biota laut yang sangat lengkap. Beragam jenis spesies terumbu karang dan ikan ada di sana.


"Yang menjadi idola adalah manta atau pari paka," jelas Ari.


BACA JUGA : Kerlap-Kerlip Hiburan Malam di Batu Gong Sumbawa


Perairan Moyo dikenal memiliki pusaran arus yang dikenal sebagai fenomena pembersihan air. Meski demikian, pusaran arus tersebut tidak berbahaya.


Pulau Moyo juga sudah tersohor. Ari mengatakan, Pulau Moyo merupakan lokasi yang wajib dikunjungi wisatawan ketika berkunjung ke NTB.


Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo.

Kawasan ini memiliki pesona berupa Air Terjun Mata Jitu yang memiliki ketinggian 15 meter dengan 12 kolam bertingkat. Area ini eksotis karena menjadi oase di tengah savana Pulau Moyo.


Wisatawan juga bisa menjumpai Burung Maleo beserta sarangnya yang unik.


"Pulau Moyo juga memiliki 16 site atau point diving. Kawasan ini terkenal dengan angel reef dan sea fan. Idola para diver yang berkunjung kesini adalah hiu sirip hitam dan hiu sirip putih," ujarnya.


Selain itu, perairan ini juga memiliki spot unik, yaitu SS Sumbawa yang berupa kapal tenggelam dengan kedalaman 19 meter. Ukuran kapal tersebut yakni 20x10x5 meter dengan kondisi masih utuh dan lengkap dengan terumbu karangnya.


Untuk mengunjungi Pulau Moyo wisatawan dapat melakukan perjalanan melalui Pelabuhan Sumbawa menuju Pelabuhan Aji Pulau Moyo menggunakan boat dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam.


"Keindahan bawah laut di sana memang luar biasa. Kawasan ini menjadi destinasi favorit bagi para penyelam. Ada banyak obyek yang bisa dilihat di sana," katanya.


BACA JUGA : Kerlap-Kerlip Hiburan Malam di Batu Gong Sumbawa


Gunung Tambora tak kalah serunya. Tambora memiliki Savana Doro Ncanga dan Doro Bente. Destinasi ini berada pada kawasan National Geopark Tambora. Savana Doro Ncanga merupakan lokasi bentangan padang rumput lebih dari 6.000 hektare.


Keindahan menantang di Gunung Tambora.

Kawasan ini juga menjadi lokasi penggembalaan sapi, kerbau, hingga kuda. Masih di kawasan Tambora, terdapat Doro Bente yang merupakan kaldera yang tidak aktif lagi. Doro Bente memiliki ketinggian 80 mdpl dan berbatasan langsung dengan laut.


"Dengan segala keindahan dan potensinya ini, kami di BPPD NTB juga terus mempromosikan eksotisme kawasan segitiga bernama Samota di Sumbawa ini," tukasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pesona Segitiga Eksotis Bernama "Samota" di Sumbawa

Trending Now

Iklan