Intervensi SMK Diyakini Efektif Turunkan Angka Kemiskinan, Pengangguran di NTB

MandalikaPost.com
Selasa, Juni 13, 2023 | Juni 13, 2023 WIB Last Updated 2023-06-14T05:17:25Z

Kadis Dikbud NtB Dr H Aidy Furqan saat meninjau hasil teaching factory SMK di Lombok Timur.

MANDALIKAPOST.com - SMK dinilai memiliki peran strategis untuk peningkatan SDM dan menciptakan generasi kompeten siap kerja. Dalam jangka menengah dan panjang, kiprah SMK juga diyakini efektif untuk membantu menurunkan angka kemiskinan dan angka pengangguran terbuka di Provinsi NTB.


"Kemiskinan berasal dari kebodohan, dan kebodohan bisa dihilangkan dengan pendidikan. Pendidikan yang seperti apa?, Pendidikan Kejuruan atau SMK, menjadi salah satu jawabannya," kata Kadis Dikbud NTB Dr H Aidy Furqan didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dinas Dikbud NTB, M Khairul Ihwan, Selasa 13 Juni 2023 di Mataram.


Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dinas Dikbud NTB, M Khairul Ihwan.

Menurutnya, kantong kemiskinan itu ada di pedesaan dan perkotaan kumuh, dan SMK ada di daerah itu. Maka SMK lewat 11 strategi SMK Gemilang Karya yang tertuang dalam Pergub 75 Tahun 2020 tentang Revitalisasi SMK SMK terus berbenah dan memancangkan pondasi yang kokoh.


"Pondasi yang dimaksud adalah regulasi pendidikan SMK NTB telah sangat jelas tujuan dan arahnya," katanya.


Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dinas Dikbud NTB, M Khairul Ihwan memaparkan, pendidikan SMK NTB saat ini sangat fokus pada upaya peningkatan jumlah Serapan Lulusan. Serapan berkerja, berwirausaha dan melanjutkan studinya ke jenjang universitas.


BACA JUGA : NTB Ditunjuk jadi Mentor SMK BLUD untuk Indonesia Timur


Ihwan memaparkan, upaya SMK dalam meningkatkan serapan ini di tempuh melalui banyak strategi diantaranya Program Teaching Factory yaitu pembelajaran yg melahirkan Produk.


Produk yang lahir dari aktifitas belajar di tempat praktek ini sekarang sudah hampir 2000an jenis yang berasal dari 350 sekolah negeri dan swasta yang menerapkan konsep belajar ini.


"Aktifitas belajar siswa yg produktif ini akan melahirkan profil lukisan yang cakap terampil dan siap kerja. Proses panjang inilah nanti yang akan membantu daerah kita mengentaskan kemiskinan di NTB," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Intervensi SMK Diyakini Efektif Turunkan Angka Kemiskinan, Pengangguran di NTB

Trending Now